Fakta-fakta terkait PHK 36 Karyawan Danareksa Sekuritas

Soraya Novika - detikFinance
Minggu, 27 Sep 2020 08:45 WIB
Ilustrasi PHK
Foto: Ilustrasi PHK (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Pandemi virus Corona (COVID-19) telah menumbangkan berbagai macam kegiatan usaha. Akibatnya, gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) pun tak terelakkan. Kali ini, giliran karyawan Danareksa Sekuritas yang menjadi korban PHK imbas pandemi COVID-19.

Setidaknya sekitar 35 karyawan Danareksa Sekuritas telah mendapat tawaran PHK dari perusahaan sejak 23 September 2020. Danareksa Sekuritas merupakan salah satu anak usaha BUMN, PT Danareksa (Persero).

"Danareksa (sekuritas) memang ada PHK. Kurang lebih 35 (karyawan kena PHK)," ungkap salah satu korban PHK Danareksa Sekuritas, Daniel (bukan nama sebenarnya) kepada detikcom, Sabtu (26/9/2020).

Menurut Daniel, kemungkinan bakal ada penambahan jumlah karyawan yang di-PHK dalam waktu dekat ini.

"Memang tidak semua (di-PHK) nampaknya akan bertahap. Mungkin bisa ada lagi gelombang kedua," sambungnya.

Daniel menambahkan PHK terjadi karena selama dua tahun berturut-turut perusahaan telah mengalami kerugian ditambah adanya pandemi COVID-19.

"Penyebabnya adalah kerugian selama dua tahun berturut-turut dan COVID-19," ungkapnya.

Para karyawan yang di-PHK katanya, paham dengan kondisi perusahaan namun menyayangkan putusan PHK yang dibuat tanpa adanya sosialisasi terlebih dahulu.

"Tanggal 23 tiba-tiba dapat informasi teman dapat surat PHK melalui email dan tidak ada sosialisasi PHK sebelumnya. Parahnya lagi semua akses hari itu juga langsung diblokir, teman yang mau kerja besoknya langsung diusir," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gojek Beri Paket Pesangon ke 430 Karyawan yang Kena PHK"
[Gambas:Video 20detik]