Luhut Ulang Tahun ke-73, Jubir Jokowi Ucapkan Selamat

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 28 Sep 2020 13:50 WIB
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: Anisa Indraini
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berulang tahun ke-73 tahun pada hari ini, Senin (28/9/2020). Pihak Istana Negara pun menyampaikan ungkapan selamat dan memberikan doa serta harapan kepada Luhut.

Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Bidang Komunikasi sekaligus Juru bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman, menuliskan ucapan selamat tersebut melalui media sosial Instagram resmi pribadinya.

"Selamat Ulang Tahun Pak Menko Luhut Panjaitan. Panjang umur dan selalu sehat dan suksesPak dalam menunaikan tugas2 negara/pemerintahan Presiden
@jokowi ~ FR @kemenkomarves @setkabgoid #Jubir #SKPJubir #BungJubir @JubirPresidenRI," cuit Fadjroel di akun @fadjroelrachman, dikutip detikcom Senin (28/9/2020).

Unggahan Fadjroel itu disertai poster ucapan yang menampilkan potret Luhut tengah mengacungkan kedua ibu jarinya. Luhut dalam kartu itu mengenakan setelan jas hitam lengkap dengan dasi, peci, dan kemeja warna putih.

Untuk diketahui, Luhut lahir di Sumatera Utara pada 28 September 1947 atau hanya berselang dua tahun setelah Indonesia mengumumkan kemerdekaannya. Luhut memulai kariernya sebagai prajurit TNI Angkatan Darat dan terakhir ia telah berpangkat sebagai jenderal.

Di pemerintahan, Luhut pernah menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Singapura pada periode 1999-2000. Ia juga pernah menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada 2000-2001, Kepala Staf Kepresidenan pada 2014-2015, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan pada 2015-2016, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman pada 2016-2019, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Kabinet Indonesia Maju sejak 2019 atau kabinet kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Saat ini, Luhut, sebagai menjadi Menteri juga membantu tim penanganan wabah corona sebagai Wakil Ketua Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

(fdl/fdl)