Siapa Keluarga Paling Kaya Raya di Indonesia?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 28 Sep 2020 18:30 WIB
Mata uang dolar Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu mata uang yang diakui sebagai mata uang dunia. Penasaran dengan wujud dan proses pembuatannya?
Ilustrasi/Foto: Reuters
Jakarta -

Bloomberg Billionaire Index merilis daftar keluarga terkaya di Asia. Bila ditotal dari 10 keluarga terkaya di Asia, tercatat jumlah hartanya mencapai US$ 250 miliar atau sekitar Rp 3.700 triliun (dalam kurs Rp 14.800).

Yang unik, salah satu keluarga Indonesia berhasil bertengger di deretan 10 keluarga terkaya di Asia. Beberapa keluarga kaya lainnya berasal dari India, Korea Selatan, Hong Kong, Singapura, dan Thailand.

Penasaran keluarga siapa saja? Mengutip Business Insider, berikut ini daftar 10 keluarga terkaya di Asia yang dicatat Bloomberg Billionaire Index.

1. Keluarga Ambani dari India

Memimpin daftar keluarga terkaya di Asia, keluarga Ambani dari India memiliki kekayaan sebesar US$ 88,3 miliar atau sekitar Rp 1.300 triliun.

Kekayaan keluarga ini didapatkan dari usaha Mukesh Ambani, yang merupakan orang terkaya keenam di dunia. Dia memimpin perusahaan Reliance Industries, perusahaan minyak dan gas yang diwarisi dari ayahnya.

Mukesh memiliki saudara laki-laki, Anil Ambani, yang juga pernah menjadi seorang miliarder, tetapi sekarang terasing dan dilaporkan tidak punya uang. Sementara itu, anak-anak Mukesh Ambani semuanya terlibat dalam bisnis keluarga.

Kini seluruh keluarganya tinggal di gedung pencakar langit 27 lantai di Mumbai. Mereka dikenal hidup mewah, bahkan menyelenggarakan perayaan pernikahan dengan mengundang Beyonce sebagai penampil utama.

2. Keluarga Kwok dari Hong Kong

Selanjutnya ada keluarga Kwok yang menjadi raksasa pengembang real estate dari Hong Kong. Walter, Raymond, dan Thomas Kwok mewarisi perusahaan real-estate Sun Hung Kai Properties dari ayah mereka pada 1990-an. Total kekayaan keluarga Kwok sebesar US$ 27,93 miliar atau berkisar Rp 413 triliun.

Walter, saudara laki-laki tertua, dikeluarkan dari bisnis keluarga dan meninggal pada 2018 setelah terserang stroke. Dia mewariskan kekayaannya kepada putra-putranya, Jonathan dan Geoffrey. Kinerja Geoffrey pada perusahaan, berkontribusi besar terhadap harta milik keluarga Kwok.

Pasalnya, kini dua saudara Walter lainnya, Raymond dan Thomas pernah ditangkap pada tahun 2012 atas tuduhan suap. Raymond sudah dibebaskan, sementara Thomas masih menjalani hukuman lima tahun penjara.

3. Keluarga 'Samsung' Lee dari Korea Selatan

Keluarga Lee telah memimpin Samsung selama tiga generasi. Kini Jay Y. Lee, menjadi pewaris dan pemimpin raksasa teknologi tersebut. Keluarga Lee tercatat memiliki harta US$ 26,47 miliar atau sekitar Rp 391 triliun.

Hanya saja, Jay baru saja didakwa oleh jaksa Korea Selatan atas tuduhan manipulasi harga saham. Dia juga pernah dihukum karena sumpah palsu, penggelapan, dan penyuapan.

Kini Jay menjalani hukuman penjara lima tahun. Awal tahun ini, dia mengatakan tidak akan memberikan hak manajerial Samsung kepada kedua anaknya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Deretan Orang Terkaya Dunia yang Merugi Rp 642 T Dalam Sepekan"
[Gambas:Video 20detik]