Prakerja Gelombang 10 Tutup, Yuk Daftar Survei Evaluasi di www.prakerja.go.id

Rosmha Widiyani - detikFinance
Senin, 28 Sep 2020 20:50 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Foto: Program Kartu Prakerja gelombang 10 telah ditutup (Tim Infografis: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Pemerintah telah menutup pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10 pada Senin (28/9/2020) pukul 12.00 WIB. Berbeda dengan sebelumnya, tidak ada informasi yang mengindikasikan pembukaan program Kartu Prakerja gelombang 11.

Program Kartu Prakerja yang secara resmi mulai menerima pendaftaran pada 11 April 2020 saat ini telah menyerap 98% dari total target penerima Kartu Prakerja tahun 2020. Total penerima Kartu Prakerja setelah ditutupnya pendaftaran gelombang 9 pada 21 September telah mencapai 5.480.918 atau 98% dari total kuota tahun 2020 yang sebesar 5.597.183 orang.

Siaran pers resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyebut sisa kuota sebesar 116.261 diserap melalui pendaftaran gelombang 10 yang dibuka mulai hari Sabtu, 26 September 2020 lalu. "Dengan demikian lengkaplah total kuota penerima Kartu Prakerja tahun anggaran 2020," ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pada Sabtu (26/9), di Bintan, Kepulauan Riau.

Melalui pengumuman yang diupload di Instagram, Kartu Prakerja kembali mengingatkan peserta yang lolos akan mendapat pemberitahuan lewat SMS. Pengumuman lain terkait Kartu Prakerja akan diupload di Instagram dan link www.prakerja.go.id. "Jangan lupa pantau terus infornya di akun Instagram Kartu Prakerja yaa Sobat!" tulis prakerja.go.id dilihat detikcom.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian Nomor 11 tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja wajib menggunakan bantuan untuk mengikuti pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak menerima Kartu Prakerja. Apabila tidak melakukan hal ini, maka kepesertaannya akan dicabut.

Sementara peserta yang lolos seleksi dan telah mengikuti pelatihan, bisa mengikuti Survei Evaluasi Kartu Prakerja yang digelar pemerintah. Survei ini bertujuan mengukur dampak pelatihan dalam program Kartu Prakerja.

"Setelah mengisi setiap survei, sobat bisa mendapat insentif sebesar Rp 50 ribu. Insentif akan ditransfer ke rekening bank/akun e-wallet paling lama 14 hari setelah menyelesaikan survei," tulis prakerja.go.id.

Berikut syarat mengikuti Survei Evaluasi Kartu Prakerja:

1. Sudah menyelesaikan minimal satu pelatihan serta memberikan ulasan dan rating pelatihan

2. Batas waktu pengisian survei adalah 30 hari sejak pemberitahuan masuk ke dashboard akun Kartu Pekerja di www.prakerja.go.id.

Setelah syarat terpenuhi, tahap selanjutnya adalah mengikuti cara untuk menyelesaikan survei Kartu Prakerja

Berikut cara mengikuti Survei Evaluasi Kartu Prakerja:

1. Klik tautan yang muncul pada dashboard akun Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id dan isi surveinya

2. Batas waktu pengisian survei adalah 30 hari sejak notifikasi masuk ke dashboard akun Kartu Prakerja, setelah login www.prakerja.go.id.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, bisa langsung mengirim email ke Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja di info@prakerja.go.id.



Simak Video "Mau Daftar Program Kartu Prakerja? Simak Syarat dan Caranya di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)