Kesehatan Disebut Jadi 'Visa' Baru dalam Penerbangan

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 29 Sep 2020 21:45 WIB
penumpang di bandara
Foto: dok. too cool 2 be true
Jakarta -

Maskapai penerbangan disebut harus memenuhi standar kesehatan selama melakukan perjalanan udara. Meskipun, saat kondisi sudah normal.

"Saya dapat melihat bahwa sertifikasi kesehatan akan menjadi fungsi yang diperlukan tentang bagaimana seluruh dunia kembali terbang," kata CEO Etihad Airways, Tony Douglas dikutip CNBC, Selasa (29/9/2020).

Douglas menyebut maskapai penerbangan harus beradaptasi untuk meyakinkan penumpang aman selama terbang. Maskapai penerbangan Uni Emirat Arab itu berupaya memastikan kesehatan termasuk sterilisasi kabin dengan cara wajib tes virus Corona untuk penumpang dan mewajibkan penggunaan gelang pelacak yang akan dikenakan selama karantina wajib 14 hari.

Kesehatan dan keselamatan dinilai menjadi wajib, seperti kepemilikan visa dalam penerbangan.

"Kami akan beradaptasi dan kami akan mengadopsi itu. Oleh karena itu, sertifikasi kesehatan mungkin tidak (berbeda) dengan cara penerbitan visa untuk memberikan perjalanan yang aman," ucapnya.

Industri penerbangan sangat terpengaruh oleh krisis kesehatan COVID-19 setelah negara-negara menutup wilayahnya untuk menekan penyebaran virus. Meskipun beberapa perjalanan udara tetap dilanjutkan, Asosiasi Transportasi Udara Internasional menyebut hasilnya sangat mengecewakan dan belum memberikan dorongan nyata ke sektor tersebut.

Dampak Corona ke Etihad Airways

Maskapai terbesar kedua di negara itu sempat mengumumkan pemotongan gaji dan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada Mei. Douglas berkata ribuan orang telah diberhentikan dan itu menjadi penyesalan yang harus dihadapi industri penerbangan.

Etihad telah kehilangan lebih dari US$ 5 miliar sejak 2016 dan telah mengerjakan program transformasi selama lebih dari dua tahun ketika virus Corona melanda. Douglas tidak bisa menjamin apakah tidak akan ada PHK lebih lanjut, mengingat masalah yang dihadapi industri.

"Trik bagi kita sekarang adalah berkonsentrasi pada bagaimana kita menavigasi keluar dari sisi lain itu. Saya yakin Etihad akan menjadi salah satu pemenang dalam semua ini," tandasnya.

(fdl/fdl)