Tingkatkan Nilai Jual UMKM, Kemnaker Lakukan Pelatihan Pengemasan

Faidah Umu Sofuroh - detikFinance
Rabu, 30 Sep 2020 13:33 WIB
Direktur Bina Produktivitas Kemnaker Fahrurozi
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan melalui Direktorat Bina Produktivitas Ditjen Binalattas melaksanakan webinar bertajuk "Kemasan Cantik, Produktivitas UMKM Naik". Acara tersebut diadakan dalam rangka meningkatkan produktivitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi COVID-19.

Jika mengingat kembali krisis moneter 1998, saat itu UMKM menjadi penyelamat ekonomi nasional. Di masa itu UMKM mampu meningkatkan perekonomian hingga 350% ketika banyak usaha besar yang kolaps.

Namun pada saat pandemi COVID-19 saat ini, justru UMKM yang sangat terdampak. Dampak dari sulitnya mempertahankan usaha atau bisnis mengakibatkan banyaknya tenaga kerja yang terpaksa dirumahkan dan banyaknya UMKM yang tidak mampu melanjutkan usahanya.

"Tingkat produktivitas yang dicapai UMKM merupakan indikator seberapa efisien UMKM tersebut dalam mengombinasikan sumber daya ekonomisnya saat ini. Produktivitas merupakan salah satu faktor penting dalam kesejahteraan UMKM. Produktivitas merupakan salah satu aspek yang menentukan keberhasilan suatu UMKM dalam persaingan dunia usaha yang semakin ketat," ungkap Direktur Bina Produktivitas Fahrurozi, dalam keterangan tertulis, Rabu (30/9/2020).

Menurutnya, agar mampu melakukan persaingan diperlukan suatu strategi. Salah satunya adalah packaging atau pengemasan. Ia berpendapat kemasan yang baik merupakan nilai tambah bagi suatu produk.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Direktorat Bina Produktivitas Kemnaker dengan UMKM Alumni UNPAD. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya pengemasan produk yang baik sebagai nilai tambah dalam rangka peningkatan produktivitas.

Acara ini dimoderatori oleh inisiator UMKM Alumni Dewi Tenty, dengan narasumber dari UPTD Industri pangan, olahan dan kemasan Disperindag Provinsi Jawa Barat Detty Tatiananda, Satpel Pengembangan Industri Kemasan Bandung Citra Artika Sarti serta CEO D&D Entrepreneurship Delli Gunarsa.

Para narasumber menjelaskan tentang pentingnya pengemasan yang baik dalam meningkatkan nilai tambah dan meningkatkan nilai jual kepada konsumen. Webinar ini diikuti tidak hanya oleh UMKM sebagai unsur dunia tapi juga dari unsur pemerintah seperti UPTD, BLK, dinas-dinas, unsur pendidikan (mahasiswa) serta unsur kemasyarakatan yaitu para pengguna.



Simak Video "Pemerintah Terus Dukung UMKM Lewat Program Pemulihan Ekonomi Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)