Rencana Maskapai Baru Lion Air Usulan dari Rusdi Kirana?

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 01 Okt 2020 17:17 WIB
Poll Rusdi Kirana
Foto: Istimewa
Jakarta -

Kabar PT Lion Mentari Airlines Indonesia (Lion Air) akan meluncurkan maskapai barunya makin kencang terhembus di publik. Baru-baru ini, seorang narasumber yang enggan disebut namanya membocorkan rencana tersebut kepada Bloomberg, Rabu (30/9/2020).

Menurut narasumber itu, rencana tersebut merupakan proyek yang diusung langsung oleh Rusdi Kirana, pendiri Lion Air itu sendiri.

Kabar itu semakin sulit ditolak setelah Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Budi Prayitno, membenarkan adanya permohonan atas Penerbitan Sertifikat Operator Penerbangan baru. Namun, Budi enggan membocorkan detail nama pemohon ataupun maskapai yang diajukan.

Kabar ini tentu membuat heboh publik lantaran dikeluarkan di tengah kondisi maskapai penerbangan di seluruh dunia yang melempem akibat pandemi COVID-19.

Sebagai informasi, maskapai di Indonesia, seperti maskapai lain di seluruh dunia tengah mengalami penurunan jumlah penumpang karena terimbas pandemi COVID-19.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Agustus 2020, jumlah penumpang pesawat domestik mencapai 1,99 juta penumpang. Meski mengalami kenaikan sebesar 21% dibanding Juli lalu, jumlah penumpang domestik pada Agustus 2020 masih turun 98,1% dibanding periode yang sama 2019.



Simak Video "Lion Air Group Bantah Isu Bakal Berhenti Beroperasi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)