Waduh... 19 Ribu Pekerja Amazon Terpapar Corona

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 02 Okt 2020 10:01 WIB
Gudang Amazon
Foto: Getty Images
Jakarta -

Amazon baru saja merilis data komprehensif soal penyebaran virus Corona di dalam perusahaannya. Setidaknya, ada lebih dari 19 ribu pekerja yang terpapar virus Corona. Jumlah itu merupakan 1,44% dari total pegawai Amazon.

Dilansir dari CNBC, Jumat (2/10/2020), sejak 1 Maret hingga 19 September, Amazon menghitung ada 19.816 kasus COVID-19, baik yang diduga ataupun yang dikonfirmasi, di tengah para pegawainya.

Jumlah itu berada di sekitar 1,37 juta karyawan lini depan Amazon dan Whole Foods Market yang tersebar di seluruh Amerika Serikat.

Informasi ini muncul beberapa bulan setelah kelompok buruh, politisi, dan regulator berulang kali menekan Amazon untuk mengungkapkan berapa banyak pekerjanya yang terinfeksi oleh COVID-19.

Di awal pandemi, pekerja gudang menyuarakan kekhawatiran bahwa Amazon tidak berbuat cukup untuk melindungi mereka dari virus. Para pekerja meminta fasilitas dengan kasus yang dikonfirmasi untuk ditutup.

Karena kekurangan data dari Amazon, pekerja gudang mengumpulkan basis data infeksi sendiri berdasarkan pemberitahuan kasus baru di fasilitas di seluruh AS.

Amazon sebelumnya menolak untuk membagikan data tersebut, dengan mengatakan itu akan menyesatkan dan tidak memiliki konteks. Namun, kini mereka membukanya.

"Ketersediaan data yang luas akan memungkinkan kami untuk mengukur kemajuan kami dan berbagi praktik terbaik di seluruh bisnis dan industri," kata Amazon dalam keterangannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2