Ini Syarat buat Bambang Trihatmodjo Biar Cekalnya Dicabut

Andi Saputra, Anisa Indraini - detikFinance
Sabtu, 03 Okt 2020 06:30 WIB
Bambang Trihatmodjo Putra ketiga mantan Presiden RI HM. Soeharto dan Siti Hartinah. File/detikFoto.
Bambang Trihatmodjo/Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta -

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih mencegah Bambang Trihatmodjo bepergian ke luar negeri. Langkah tersebut tetap diambil meski Bambang telah menggugat Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Kasus yang membelit Putra mantan Presiden Soeharto tersebut berawal dari penyelenggaraan Sea Games XIX 1997 melibatkan konsorsium swasta yang diketuai oleh Bambang Trihatmodjo, sebagai mitra penyelenggara.

Menurut pengacara Bambang Trihatmodjo, Prisma Wardhana Sasmita, Bambang ditagih Kemenkeu melunasi Rp 50 miliar, yang kemudian menjadi piutang negara. Nah, jika Bambang ingin lepas dari pencekalan Kemenkeu pun memberikan syaratnya. Apa itu?

"Apa cara lainnya? Cara lainnya ya bayar supaya kita bisa mempertimbangkan untuk mencabut pencegahan," ujar Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu, Isa Rachmatarwata saat bincang bareng virtual bertajuk 'Optimalisasi Pengurusan Piutang Negara', Jumat (2/10/2020).

Isa menjelaskan bahwa Pengacara Bambang Trihatmodjo, telah berkirim surat kepada Kemenkeu agar mencabut pencegahan tersebut. Namun Isa menyarankan agar pihaknya langsung menghubungi Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) DKI Jakarta untuk mencari jalan keluar lain tanpa harus berproses di pengadilan.

"Selain itu pengacara beliau juga sudah bersurat dan kami anjurkan untuk menghubungi PUPN DKI supaya bisa mencari jalan keluar lain selain berproses di pengadilan PTUN," terang Issa.

Issa menambahkan pemerintah tetap mengikuti prosedur yang berlaku dalam menanggapi gugatan Bambang Trihatmodjo.

"Pak Bambang Tri setahu saya tetap menyampaikan gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara, tentunya nanti prosesnya kita ikuti sesuai dengan tata tertib di Pengadilan Tata Usaha Negara," tutur Issa.

Bagaimana duduk perkara utang piutang yang melibatkan Bambang Trihatmodjo hingga dicekal? Langsung klik halaman selanjutnya.