Rahasia Milenial Usia 23 Tahun Sukses Punya Bisnis Online Skincare

Content Promotion - detikFinance
Senin, 05 Okt 2020 19:10 WIB
Richard Putra
Foto: dok. Richard Putra
Jakarta -

Bisnis online saat ini memang menjadi salah satu sektor usaha yang menjanjikan. Tak heran banyak orang yang tertarik untuk mulai terjun ke bisnis online, termasuk para milenial.

Seperti halnya salah satu pengusaha muda Richard Putra (23) yang saat ini telah sukses mendirikan platform bisnis online skincare di Indonesia yang bernama Master Online Community Platform. Melalui situs pribadinya, Richard mengaku sudah terjun ke bisnis online sejak usia 15 tahun.

Di tengah kondisi ekonomi keluarganya yang sedang sulit, Richard memutuskan untuk mulai berbisnis dengan berjualan di salah satu platform digital. Namun minimnya ilmu bisnis yang dimilikinya membuat usahanya tidak memberikan hasil.

"Dan pada usia 15 tahun, di saat ekonomi keluarga semakin sulit dan kondisi kesehatan keluarga yang menurun, saya berusaha untuk mandiri dan ingin membantu ekonomi keluarga. Saya mulai dari mencoba berjualan palugada di Kaskus, tetapi karena tidak tahu bagaimana cara berjualan yang benar, tidak ada penghasilan sama sekali di sana," ujar Richard.

Meskipun gagal berbisnis di awal memulai, Richard menjelaskan dirinya tetap memiliki keinginan kuat untuk sukses berbisnis. Akhirnya, ia memutuskan untuk terjun ke bisnis direct selling dan mulai berjualan produk kesehatan.

"Saya mencoba berbagai cara untuk memasarkan produk biarpun malu, tidak mengerti dan tidak paham sama sekali dengan mencoba menawarkan langsung kepada orang sekitar, keluarga saya dan orang yang saya jumpai di jalanan. Saya mencoba berjualan pembalut wanita, kalung kesehatan, produk kesehatan tetapi hasilnya nihil," katanya.

Selama berbisnis direct selling Richard juga mengatakan banyak anggota keluarga dan teman yang meremehkan, bahkan menyuruhnya untuk berhenti. Namun, karena sudah terlanjur mengeluarkan modal, Richard pun tetap lanjut berbisnis hingga omzetnya meningkat tajam.

"Singkat cerita, Saya mulai belajar mengenai strategi online marketing, Saat itu saya mulai mencoba mempromosikan produk via Twitter dan BBM. Akhirnya di bulan ke 4 Saya bisa melunasi hutang yang saya pinjam ke adik saya. Dan di situlah pelan tapi pasti, saya mengalami peningkatan omzet dengan tajam dari menjual produk via BBM dan Twitter," ungkapnya.

Dalam berbisnis, Richard mengatakan dirinya terus melakukan inovasi baru, termasuk dalam strategi marketing. Ia mengaku di tahun 2014, traffic Twitter yang menurus drastis berdampak terhadap penurunan omzetnya menjadi Rp 1 juta - Rp 2 juta per bulan.

Sejak saat itulah, Richard mulai mencari peluang pemasaran produk melalui Instagram, belajar hypnowriting, membuat konten design, hingga melakukan strategi online marketing baru. Lewat usaha ini, Richard berhasil menjadi salah satu distributor termuda berprestasi di Indonesia.

"Di usia 17 tahun, saya mendapatkan free trip ke China dan mobil senilai US$ 15.000 dari perusahaan karena mencapai omzet Rp 500 juta per bulan dan menjadi penerima termuda di Indonesia," katanya.

Richard PutraRichard Putra Foto: dok. Richard Putra

Bahkan, Richard juga berhasil mencetak sejarah dengan masuk ke dalam penerima US$ 20.000 di usianya yang ke-20.

Tak sampai di situ saja, bersama adiknya Sean Sebastian, Richard memutuskan untuk membangun platform bisnis online skincare di Indonesia, bahkan meluncurkan brand skincare miliknya 70 Skin.

Richard menjelaskan awal mula dibuatnya 70 Skin karena dulunya ia memiliki masalah kulit berjerawat yang parah dan sulit untuk disembuhkan. Setelah mencoba berbagai cara dan menemukan formula yang cocok untuk kulitnya, akhirnya kulit nya bersih dari jerawat.

Dari pengalaman tersebut, Richard akhirnya membuat formula dan meluncurkan skincare lokal 70 Skin, yang memiliki komposisi dari Korea Selatan dan Eropa untuk membantu para acne fighters mengatasi masalah jerawat.

"Berbekal pengalaman di industri sebelumnya yang mengajari dan merubah saya dalam banyak hal seperti pengembangan diri, pengetahuan bisnis dan kemampuan mengembangkan SDM yang berkualitas. Saya akhirnya launching produk skincare dan suplemen lokal seperti 70 Skin, Revolucion Cosmetico, MW Gain yang ada di platform Bisnis Online Master Online Community," ujarnya.

Dalam proses produksi, Richard juga berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Kulit & Aesthetic untuk mengembangkan kandungan produk 70 Skin sehingga mendapatkan hasil terbaik.

Richard berharap adanya brand lokal 70 Skin dapat memajukan industri skincare lokal di Indonesia dan membantu banyak masyarakat di Indonesia dalam segi peluang usaha (reseller & agen). Hadirnya 70 Skin juga diharap dapat menjadi solusi mengobati jerawat dengan menggunakan bahan alami tanpa efek samping yang membahayakan kulit.

"Masih banyak lagi tujuan dan impian ke depan saya, yang saya yakin dan percaya akan membantu banyak generasi muda Indonesia mendapatkan kesuksesan dalam segi skill, pengembangan diri dan saling berkolaborasi satu dengan yang lainnya," pungkasnya.



Simak Video "Tajir di Saat Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)