Setelah Bisnis Akikah, AirAsia Kini Perluas Usaha Restoran

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 06 Okt 2020 08:35 WIB
Bayi 2 Bulan Meninggal di Pesawat AirAsia Dari Kuala Lumpur Ke Perth
Foto: ABC Australia
Jakarta -

Maskapai AirAsia berencana menyajikan makanan dalam penerbangannya di seluruh dunia. Hal ini akan menjadi semacam 'obat rindu' bagi banyak orang karena tak leluasa berpergian selama pandemi Corona.

Mengutip Insider, Selasa (6/10/2020), pada Desember 2019 lalu AirAsia telah membuka kafe pertamanya yang menyajikan makanan maskapai penerbangan bernama Santan, di Kuala Lumpur, Malaysia.

Berdasarkan laporan Insider, sekitar 30% menunya sama dengan yang disajikan di pesawat. AirAsia sendiri mengumumkan berencana memperluasnya, tidak hanya di Malaysia namun di seluruh dunia.

Selanjutnya, berdasarkan siaran pers disebutkan Santan telah berkembang dalam kondisi seperti sekarang ini, yakni dalam kondisi orang kehilangan kesempatan untuk makan makanan pesawat.

Santan kini memiliki 15 restoran di Malaysia yang menjual makanan khas Negeri Jiran. Sementara, menurut Malay Mail, perusahaan berharap dapat mengembangkannya menjadi 100 secara global pada kuartal pertama 2022. China dan Inggris adalah negara pertama yang menjadi target di mana toko direncanakan buka pada 2021.

AirAsia adalah maskapai penerbangan pertama yang menawarkan makanan dalam penerbangan di darat.

Sebagai informasi, Singapore Airlines baru-baru ini mengubah jet superjumbo A380 yang diparkir menjadi restoran. Sehingga orang-orang dapat merasakan pengalaman bersantap dalam penerbangan di darat.

(acd/fdl)