Hore! Guru Honorer Terima Subsidi Gaji Bulan Depan

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 07 Okt 2020 11:21 WIB
Seorang guru sekolah dasar mengajar pelajaran agama di rumah muridnya di Kelurahan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (15/9/2020). Pembelajaran kelompok kecil di rumah siswa sekali dalam sebulan tersebut sebagai evaluasi penguasan materi pelajaran sekaligus upaya penyegaran agar siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran jarak jauh.
Foto: ANTARA FOTO/Syaiful Arif
Jakarta -

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan penyaluran bantuan subsidi gaji/upah (BSU) untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Non PNS mulai disalurkan November 2020.

Bantuan tersebut disalurkan kepada 1,9 juta PTK, termasuk di dalamnya adalah guru-guru honor yang belum mendapatkan subsidi gaji dari pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

"Semoga pada bulan November sudah dapat mencairkan kepada PTK tersebut," kata Sesditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Nunuk Suryani melalui pesan singkat kepada detikcom, Rabu (7/10/2020).

Dia menjelaskan, Kemendikbud bersama BPJS Ketenagakerjaan baru saja menyelesaikan pendataan. Pendataan dilakukan untuk mengetahui PTK yang tidak masuk ke dalam program subsidi upah dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) karena bukan anggota BPJS Ketenagakerjaan.

"Kemendikbud akan memberikan BSU kepada 1,9 juta PTK yang belum mendapatkan BSU dari BPJS. Tahapan pendataan bersama dengan BPJS baru saja selesai," tambahnya.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya saing UKM Kemenko Bidang Perekonomian Rudy Salahudin pada kesempatan sebelumnya menjelaskan, BSU ini akan diberikan kepada guru honorer yang belum terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

"Harusnya begitu (syarat tersebut tidak diberlakukan untuk guru honorer). Jadi pengecualiannya di situ," kata dia saat dihubungi detikcom, Senin (21/9/2020).

(toy/fdl)