Ribuan Mahasiswa Bakal Demo di Istana Hari Ini, Bagaimana dengan Buruh?

ADVERTISEMENT

Ribuan Mahasiswa Bakal Demo di Istana Hari Ini, Bagaimana dengan Buruh?

Tim Detikcom - detikFinance
Kamis, 08 Okt 2020 05:48 WIB
Massa dari aktivis mahasiswa, buruh dan masyarakat mendobrak pintu gedung dewan saat aksi unjuk rasa di Kantor DPRD Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (7/10/2020). Aksi tersebut menolak pengesahan UU Cipta Kerja yang telah disahkan oleh DPR RI karena dinilai sudah menciderai hak-hak buruh. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc.
Ilustrasi Foto: ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI
Jakarta -

UU Omnibus Law Cipta Kerja terus mendapat penolakan. Hari ini ribuan mahasiswa yang bakal melakukan aksi menyuarakan penolakan di Istana Merdeka.

Diperkirakan ada lebih dari 5.000 mahasiswa dari 300 kampus di seluruh Indonesia yang bergabung dalam aksi di depan Istana Merdeka.

"Kami dari Aliansi BEM SI akan melaksanakan aksi nasional yang dilaksanakan terpusat di Istana Merdeka pada 8 Oktober 2020 dan akan ada aksi serentak menuju tanggal 8 Oktober 2020 di wilayah masing-masing," kata Koordinator Media Aliansi BEM SI Andi Khiyarullah ketika dikonfirmasi, Rabu (7/10/2020).

"Ditaksir lebih dari 5.000 mahasiswa dari 300 kampus. Kita akan melebur dengan seluruh masyarakat yang akan unjuk rasa di titik yang sama, yaitu di Istana," lanjutnya.

Sejak awal disahkan DPR pada Rapat Paripurna Senin sore lalu, UU Cipta Kerja memang diprotes keras oleh banyak pihak. Salah satunya dari kalangan buruh.

Sejak dua hari lalu, para buruh sudah melakukan aksi mogok kerja nasional sebagai tanda penolakan untuk Omnibus Law Cipta Kerja. Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengklaim ada 2 juta orang buruh yang ikut aksi mogok.

Lalu apakah para buruh akan ikut serta menemani mahasiswa untuk demo tolak Omnibus Law di Istana Merdeka hari ini?

lanjut ke halaman selanjutnya



Simak Video "Diguyur Hujan, Massa Demo Tolak Omnibus Law Bertahan di Depan DPR"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT