Kisah Inspiratif

Di Balik Meledaknya BTS, Boyband Termahal Bernilai Rp 735 M

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 09 Okt 2020 07:30 WIB
BTS
Foto: Twitter BTS
Jakarta -

Boyband asal Korea Selatan, BTS masuk dalam jajaran 100 selebritis dengan bayaran termahal sedunia versi Forbes. Menempati urutan ke-47, BTS diperkirakan memiliki kekayaan US$ 50 juta atau setara Rp 735,3 miliar (kurs Rp 14.706/US$).

Sumber kekayaan boyband yang juga dikenal dengan nama Bangtan Sonyeondan ini tentu berasal dari karya musik mereka. Grup beranggotakan tujuh orang ini menjadi band K-pop pertama yang pernah memuncaki tangga musik AS. Mereka bahkan menduduki peringkat pertama di tangga musik iTunes di lebih dari 91 negara lewat album terbaru Map of the Soul: 7.

Bisa dibilang, BTS adalah band K-Pop yang menguasai dunia. Boyband ini mampu menjual habis dua tiket konsernya di O2 Arena di London pada 9-10 Oktober 2018 lalu. Single 'Dynamite' yang baru saja dirilis bahkan menorehkan sejumlah rekor di sejumlah platform.

Lalu, siapakah BTS ini sebenarnya? Apa yang bisa membuat mereka sesukses sekarang ini?

BTS adalah grup K-pop (pop Korea) yang terdiri dari tujuh orang anggota, yakni Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan Jungkook. Semuanya berasal dari Korea Selatan.

Boyband ini pertama kali muncul tahun 2013 lalu dan sejak itu pula langsung meroket jadi bintang global. Selama bertahun-tahun mereka rutin merilis single lagu dan beberapa album. Salah satunya album 'Love Yourself:Tear' yang dibawakan dalam bahasa Korea, menjadi album berbahasa asing pertama yang jadi Nomor 1 di Billboard 200; daftar ranking album dunia, dalam lebih dari 12 tahun terakhir ini.

Tak hanya sukses memasarkan lagunya di tangga musik dunia, tiket-tiket konser mereka juga senantiasa ludes diburu para penggemarnya.

Hal ini mampu mereka capai karena kegigihan masing-masing personilnya yang rutin latihan bernyanyi dan menari berjam-jam setiap harinya. Untuk penampilan debut mereka saja, mereka akan berlatih selama 12-15 jam sehari.

Selain itu, internet khususnya media sosial diyakini memainkan peran besar dalam keberhasilan grup band satu ini.

"Saya pikir kami sangat beruntung dilahirkan pada waktu yang tepat. Tanpa media sosial, kami tidak akan begitu sukses," kata Suga, salah satu personil BTS, dikutip dari BBC, Rabu (7/10/2020).

Maka tak heran, boyband ini pada 2018 lalu berhasil memenangkan Billboard Music Award untuk kategori Top Social Artist, mengalahkan nama-nama besar seperti Justin Bieber, Ariana Grande dan Selena Gomez. Mereka jadi grup K-pop pertama yang memenangkan nominasi itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2