Baru Masuk Kerja Langsung WFH? Lakukan Tips Ini

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 14 Okt 2020 17:17 WIB
Shot of a young businesswoman using a digital tablet during a late night in a modern office
Foto: Getty Images/Cecilie_Arcurs
Jakarta -

Banyak perusahaan kini menetapkan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk semua karyawannya selama pandemi COVID-19. Meski WFH pekerja harus bisa menjaga hubungan baik dengan teman kerja, bos, dan klien.

Namun, tak sedikit yang mengeluhkan bahwa WFH membuat perusahaan, kolegan, dan kinerja menjadi lebih sulit karena tidak bisa berhubungan langsung. Menurut penelitian ekonom Stanford Nicholas Bloom, sekitar 42% pekerja AS WFH dan jumlah perusahaan yang mengumumkan WFH jangka panjang terus bertambah.

Mengutip dari CNBC, Rabu (14/10/2020) ada tips bagi Anda yang baru mulai dengan pekerjaan baru, namun harus WFH. Delapan tips ini bisa diikuti untuk mempersiapan diri.

Rayakan pekerjaan baru Anda

Menurut pendiri Inclusive Therapists, Melody Li jika Anda telah mendapatkan pekerjaan baru, luangan waktu untuk merayakan peran baru itu. Hal itu bisa meminimalisir kekhawatiran saat memulai hal baru apa lagi saat ini pekerjaan dilakukan WFH. Li mengatakan tidak semua orang langsung bisa beradaptasi dengan gaya WFH.

Merayakan peran baru juga bisa dengan menghargai kemampuan yang Anda miliki. Jangan berkecil hati dan meragukan kemampuan diri sendiri di pekerjaan baru Anda.

Siapkan ruangan baru

Buatlah ruangan dan tempat kerja baru di rumah, buat ruangan dan tempat bekerja senyaman dan sesegar mungkin. Hal itu membuat Anda secara psikologis bisa memulai pekerjaan baru dengan baik, nyaman, dan dengan perasaan baru.

Tunjukkan kemampuan ke bos Anda

Setelah beberapa hari pertama bekerja, coba berdiskusi lebih mendalam dengan bos Anda, mengenai peran baru Anda dan bagaimana ekspetasi mereka terhadap kinerja Anda. Ajukan pertanyaan gambaran besar tentang apa yang mereka harapkan kepada Anda dalam enam bulan pertama hingga satu tahun Anda bekerja.

Selain itu, cari tahu apa prioritas atasan Anda, dan bagaimana hal itu kemudian menjadi prioritas Anda. Pertanyaan-pertanyaan ini penting jika perusahaan telah melalui tantangan selama pandemi COVID-19.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cara Jitu Agar Tetap Kerja dan Sambil Santai Di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]