10 Raja Terkaya di Dunia

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 15 Okt 2020 20:00 WIB
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn
Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Siapa sangka bahwa raja terkaya di dunia bukanlah berasal dari Arab Saudi maupun Brunai Darussalam? Bahkan Ratu Elizabeth II tidak masuk daftar bangsawan terkaya di dunia?

Ratu Elizabeth II memang kerap jadi perbincangan dan tak sedikit yang menganggap dia sebagai bangsawan terkaya di dunia. Sebab dia mungkin bangsawan yang paling lama memerintah di dunia, namun ternyata dia bukan yang terkaya.

Menurut sebuah laporan dikutip dari Gqindia.com, Kamis (15/10/2020), kekayaan bersih Ratu Inggris adalah sebesar US$ 530 juta yang artinya jika dibandingkan dengan raja atau bangsawan lainnya, jumlah itu masih kalah jauh. Bangsawan lainnya bisa memiliki kekayaan hingga miliaran dolar AS. Kebanyakan dari bangsawan dari daftar ini adalah seorang raja atau pangeran.

Berikut daftar 10 raja terkaya di dunia (data per Januari 2020):

1. Raja Maha Vajiralongkorn

Raja berusia 67 tahun itu mengambil alih tahta setelah ayahnya meninggal pada 2016. Kekayaannya diurus oleh Biro Properti Mahkota.

Keluarganya memiliki lebih dari 16.210 hektar tanah di Thailand, dengan 40.000 kontrak sewa nasional, termasuk 17.000 di ibu kota. Raja ini juga memiliki banyak saham di Siam Cement Group dan Siam Commercial Bank.

Belum cukup sampai di situ, raja Negeri Gajah Putih itu juga memegang kepemilikan Golden Jubilee Diamond, yang merupakan berlian potong dan segi terbesar di dunia.

Negara: Thailand
Perkiraan kekayaan bersih: US$ 43 miliar

2. Sultan Hassanal Bolkiah

Setelah Ratu Elizabeth II, Sultan Hassanal Bolkiah adalah raja dengan masa pemerintahan terlama kedua di dunia. Dia juga Perdana Menteri Brunei, yang menjadikannya raja absolut bangsa tersebut.

Kekayaannya dikabarkan berasal dari bisnis ekspor minyak dan gas alam. Sultan ini bahkan termasuk orang terkaya di dunia. Ia juga tinggal di istana hunian terbesar di dunia, yaitu Istana Nurul Iman yang memiliki lebih dari 1.778 kamar.

Bersamaan dengan itu, Sultan juga dikabarkan memiliki armada lebih dari 600 Rolls Royce.

Negara: Brunei
Perkiraan kekayaan bersih: US$ 28 miliar

Bersambung ke halaman selanjutnya.