Deretan Bisnis Milik Valentino Rossi si Legenda MotoGP

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 16 Okt 2020 11:31 WIB
PHILLIP ISLAND, AUSTRALIA - OCTOBER 17:  Valentino Rossi of Italy and the Gauloises Fortuna Yamaha Team celebrates after the Australian Motorcycle Grand Prix which is round fifteen of the MotoGP World Championship at Phillip Island Grand Prix Circuit on October 17, 2004 in Phillip Island, Australia. (Photo by Ryan Pierse/Getty Images)
Foto: Getty Images/Ryan Pierse
Jakarta -

Siapa sangka, seorang atlet juga bisa punya bisnis beromzet ratusan miliar per tahunnya? Dia adalah Valentino Rossi, selain menjadi legenda di sirkuit balap motor, dia juga punya jiwa dan kemampuan bisnis yang mumpuni.

Bisnisnya diberi nama VR46. Bisnis inilah yang jadi ladang uang bagi Rossi selain gaji dan pendapatannya sebagai seorang atlet.

Dikutip dari detikOto, Jumat (16/10/2020), bisnis itu berada di kampung halamannya. Valentino Rossi menyulap sebuah kota kecil bernama Tavullia, yang terletak di dekat pinggir pantai Provinsi Urbino, Italia, menjadi sebuah destinasi wisata MotoGP. Karena Rossi, Tavullia menjadi kota dengan nuansa MotoGP paling kental di seluruh dunia.

Di kota inilah terletak markas fanclub Rossi. Di sana jugalah Rossi banyak menghabiskan waktunya untuk berlatih dan mendidik pebalap-pebalap muda berbakat di VR46 Riders Academy.

Jangan lupa kalau Rossi juga punya trek balap pribadi dalam sebuah area yang disebut Motor Ranch.

Ini adalah kota bersejarah bagi Rossi. Di sana puluhan tahun lalu dia mulai melatih bakat balapnya. Saat banyak anak-anak seumurnya pergi ke lapangan untuk berlatih sepakbola, Rossi memilih berada di 'jalanan'. Dia lebih suka berada di aspal dengan motornya.

Serba Rossi di Tavullia 46

Kini tentu cerita itu hanya menjadi cerita manis untuk dikenang mengingat Rossi telah mengharumkan nama kampung halamannya tersebut. Rossi juga tidak menjadi kacang lupa kulit dengan mendirikan Tavullia 46 yang mana menjadi daya tarik utama wisata kota itu.

Tavullia 46 adalah sebuah toko yang menjual berbagai hal pernak-pernik terkait Rossi. Ini adalah surganya bagi penggemar The Doctor.

Impresi pertama memasuki Tavullia 46 adalah anda dapat dengan mudah menemukan berbagai merchandise, aparel, foto, dan banyak hal lainnya yang 'berbau' Rossi. Selain merchandise terkait Rossi, di dalam Tavullia 46 juga tersedia restoran pizza sampai kedai eskrim.

Di samping toko merchandise, bisnis terbesar Valentino Rossi tentu saja di bidang olahraga. Seperti telah disebut, Rossi memiliki VR46 Riders Academy, yang sudah melahirkan pebalap berbakat dalam diri Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia dan banyak rider lain di kelas Moto2 serta Moto3.

Lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2