2 Jurus Biar UMKM Bisa Go Internasional, Apa Saja?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 16 Okt 2020 17:03 WIB
Usaha UMKM
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengungkapkan ada dua hal yang perlu dilakukan dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa bersaing di tingkat internasional atau go international.

Pertama, ia menyebut keunggulan kompetitifnya mesti ditingkatkan. Kedua, UMKM Indonesia harus makin berbasis digital dan teknologi baik dari sisi operasi maupun produk.

Dia bilang, sejumlah hal telah dilakukan Kementerian Perdagangan (Kemendag) agar UMKM kompetitif. Dari sisi perdagangan, kata dia, mendukung penyediaan bahan baku, desain produk, sistem logistik dan lain-lain.

"Jangan lupa perjanjian internasional juga merupakan fasilitasi tak langsung kepada UMKM. Adanya perjanjian perdagangan dan ekonomi sangat membantu mendapatkan tarif preferensi dan fasilitas untuk mencapai standar-standar yang lebih tinggi. Artinya UMKM akan bisa menjual barang dengan harga lebih rendah dan punya standar yang bisa diterima di negara mitra dagang Indonesia," terangnya dalam keterangan tertulis, Jumat (16/10/2020).

Terkait dukungan teknologi, dia bilang, pihaknya terus mendorong bukan hanya dari sistem pembayaran tapi juga sisi perdagangan.

"Kita mendorong digitalisasi sistem logistik, pemasaran dan lain-lain. Kami juga mengajak seluruh stakeholders teknologi baik marketplace atau bahkan media sosial dan perusahaan teknologi agar bisa mendukung UMKM," ujarnya.

Jerry juga mendorong pelaku UMKM, khususnya generasi muda agar makin produktif dan percaya diri dalam menghasilkan produk digital dan teknologi. Ia menilai produk digital memiliki prospek yang sangat besar di masa depan untuk ekspor. Produk-produk digital seperti aplikasi dan game online akan makin besar pasarnya di masa depan.

"Kita punya potensi. Itu yang harus dikembangkan. Dan kita harus percaya diri bahwa kita bisa menghasilkan produk teknologi semacam itu. Saya sudah berkeliling dan bertemu generasi muda potensial soal itu. Ini peluang dan kita pasti bisa memanfaatkan peluang itu," jelasnya.

(acd/fdl)