Telur Asin Jadi Warisan Budaya Takbenda, Cek di Sini Harganya

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 17 Okt 2020 12:16 WIB
Pengusaha telur asin bertahan hidup di tengah hantaman Corona
Foto: Imam Suripto/detikcom: Bisnis telur asin bertahan hidup di tengah hantaman Corona
Jakarta -

Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud) menetapkan telur asin sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb). Produk khas Brebes, Jawa Tengah ini sejak lama sudah sangat populer dan terkadang dijadikan sebagai oleh-oleh buat keluarga di daerah lainnya.

Lalu, dengan penetapan tersebut apakah berpengaruh terhadap harga telur asin saat ini?

Mengintip di berbagai e-commerce, sejauh ini, harga telur asin masih dipatok secara wajar. Harganya dibanderol antara Rp 500 - Rp 5.500 per butirnya.

Seperti di Shopee, telur asin termahal dibanderol di harga Rp 5.500 per butirnya. Adapun menurut keterangan pelapak yang menjual telur seharga Rp 5.500 per butir tersebut diterangkan bahwa telur yang dijualnya berkualitas premium. Warna kuning dan putih telur dijamin natural dan lain sebagainya.

Sedangkan di Tokopedia, harga telur asin mentah terendah dipatok mulai Rp 2.700 per butir. Lalu, di Blibli harga telur asin mentah termurah dipatok mulai Rp 2.900 - Rp 5.500 per butirnya. Dan di Lazada harga telur asin mentah termurah dipatok mulai Rp 3.500 per butir.

Selain dijual secara satuan, banyak juga pelapak di e-commerce yang menjualnya per-pack isi 4 sampai 30 butir. Dibanderol mulai dari Rp 17.000 hingga Rp 100.000.

Langsung kllik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2