Warga Papua Akan Makin Mudah Dapat Pekerjaan di Bandara, Ini Caranya

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 17 Okt 2020 20:18 WIB
Bandara Sentani
Foto: Dok. Angkasa Pura I
Jakarta -

Masyarakat Papua makin mudah untuk mendapatkan pekerjaan di bandara. Caranya adalah sekolah terlebih dahulu di Politeknik Penerbangan Jayapura. Sekolah kedinasan ini berada di bawah Kementerian Perhubungan.

Pada tahun 2020, Politeknik Penerbangan Jayapura akan menerima 72 siswa program afirmasi dari 29 kabupaten dan kota di Provinsi Papua.

Direktur Politeknik Penerbangan Jayapura Benny Suherman mengatakan 72 penduduk Papua yang berasal dari 29 kabupaten dan kota ini akan disebar ke tiga kelas yang masing-masing kelas sebanyak 24 orang.

"Jadi ada sekitar 72 orang yang akan diterima dari program affirmasi ini. Kami rencanakan, setelah ini pekan depan akan kita lakukan seleksi. Jadi dari 29 kabupaten dan kota akan mengirim masing-masing sebanyak 3 orang dan kami akan seleksi nanti akan dihasilkan 2 orang yang akan masuk di kampus kami," kata Benny dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/10/2020).

Program afirmasi ini juga tertuang dalam kesepakatan bersama antara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan dengan Majelis Rakyat Papua (MRP), Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Waropen, dan PT Angkasa Pura Support.

Dengan kerja sama ini, Suherman meminta pihak MRP segera menindaklanjuti mengingat kebutuhan yang ada di bandara-bandara di seluruh Papua. Proses seleksi sendiri akan selesai di akhir Oktober 2020.

"Bandara-bandara yang ada di Papua ini cukup banyak, tapi belum ditangani secara langsung oleh anak-anak asli Papua. Mudah-mudahan dari kebutuhan-kebutuhan tersebut, maka kesempatan mereka untuk bekerja di bandara bandara yang ada di Papua bisa ditangani dari hasil program affirmasi ini," katanya.

Politeknik Penerbangan Jayapura ini terdapat tiga program studi (Prodi) Diploma 3, yaitu Manajemen Lalu Lintas Udara, Teknik Listrik Bandar Udara, dan Manajemen Bandar Udara.

Langsung klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2