Menengok Bisnis Tanaman Pakan Ternak di Tengah Pandemi

Akbar Hari Mukti - detikFinance
Senin, 19 Okt 2020 18:24 WIB
Lahan berisi pembibitan tanaman pakan ternak di desa Kadirejo, Pabelan, Kabupaten Semarang
Foto: Akbar Hari Mukti/detikcom: lahan berisi pembibitan tanaman pakan ternak di desa Kadirejo, Pabelan, Kabupaten Semarang

Hingga saat ini Riyadi menjelaskan sentranya paling banyak menanam rumput jenis Pakchong Thailand. Sebab, pembeli menilai jenis rumput itu bisa membuat ternak mereka gemuk dan sehat.

"Untuk pemasaran hampir seluruh daerah di Jawa, tapi untuk yang luar pulau Jawa penjualan dengan cara daring lewat sosial media," paparnya.

Terkait menjalankan bisnis pembibitan tanaman pakan ternak, menurutnya disebabkan oleh kebutuhan tanaman pakan ternak yang terus bertambah terutama oleh para peternak. Meski begitu beberapa kendala dirasakannya.

"Misalnya ketersediaan air karena kami mengandalkan irigasi. Untuk risiko terserang hama sangat kecil kemungkinannya," imbuh Riyadi.

Hingga saat ini, ia mengaku menggunakan pola kemintraan dalam menjalankan bisnis tanaman pakan ternak tersebut. Ada 24 pekerja yang bekerja setiap hari.

"Ada beberapa yang pernah bekerja dengan saya, kemudian membuka lahan sendiri. Intinya saling bekerjasama saja," jelas Riyadi.


(hns/hns)