Pekan Depan, Bioskop di Semarang Rencananya Mulai Dibuka

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Selasa, 20 Okt 2020 17:25 WIB
Bioskop di Lamongan Kini Sudah Dibuka dengan Prokes Ketat
Ilustrasi/Foto: Eko Sudjarwo
Semarang -

Seluruh bioskop di Kota Semarang yang berjumlah 7 tempat mengajukan pembukaan kegiatan ke Pemkot Semarang. Pekan depan pembukaan dimulai secara bertahap.

Pejabat Sementara Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto mengatakan 7 bioskop sudah mengajukan permohonan dan akan dilakukan simulasi.

"Dari 7 bioskop yang ajukan izin, kita uji bareng, kalau sudah memenuhi Insyaallah minggu depan sudah (dibuka)," kata Tavip usai datang ke operasi yustisi di depan kantor Gubernur Jateng, Selasa (20/10/2020).

Meski demikian 7 bioskop tersebut tidak bisa buka secara serentak tapi bertahap karena harus ada kajian dan protokol kesehatan yang harus dipenuhi termasuk soal kapasitas maksimal dan jaga jarak antar penonton.

"Insyaalah minggu depan karena bertahap, tidak mungkin langsung semua dibuka. Kalau bioskop belum memenuhi kajian protokol kesehatan dan sarana prasarana ya belum," jelasnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta pembukaan bioskop ditunda jika protokol kesehatan tidak bisa dipenuhi. Ia juga meminta agar dpasang hepafilter atau UV karena ruang bioskop merupakan ruang tertutup.

"Nanti dulu, lah. Bioskopnya kalau menyiapkan diri itu boleh, fisik harus siapkan, misal hepafilter, pasang UV. Saran saya tunda dulu," kata Ganjar.

(alg/hns)