Podcast detikFinance

Podcast Tolak Miskin: Kapan Vaksin Disuntikkan?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kamis, 22 Okt 2020 09:15 WIB
Podcast Tolak Miskin: Kapan Vaksin Disuntik?
Ilustrasi (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Jakarta -

Pada akhir Juli lalu, vaksin COVID-19 asal China sudah tiba di PT Bio Farma, Bandung. Nyaris 3 bulan setelah itu, penyuntikan vaksin COVID-19 ke 1.620 relawan yang dijadikan subjek uji klinis tahap ketiga telah selesai dilakukan.

Dalam pengawasan yang dilakukan Badan POM hingga penyuntikan kepada subjek terakhir pada pekan lalu, tidak ditemukan adanya laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping yang berat atau serius di antara relawan vaksin COVID-19.

Setelah uji klinis fase III selesai, vaksin COVID-19 ini akan diproduksi oleh Bio Farma, dan tentunya dalam proses produksi ini harus memenuhi aspek mutu/kualitas dan Bio Farma pun tetap akan berada di bawah pengawasan Badan POM untuk pemenuhan peraturan good manufacturing practices/cara pembuatan obat yang baik.

Pelaksanaan penyuntikan vaksin Corona pun menyisakan tanda tanya. Pemerintah mengklaim, penyuntikan akan dimulai akhir tahun ini. Sementara itu, vaksin Sinovac, yang tengah menjalani uji klinis tahap III di Indonesia, dijadwalkan baru selesai pada Januari 2021 alias awal tahun depan.

Podcast Tolak Miskin minggu ini membahas mengenai kepastian vaksin yang segera disuntikkan. Mitos-mitos mengenai vaksin yang beredar di masyarakat hingga info pelaksanaan dan harga juga dibahas. Dengarkan selengkapnya di Podcast Tolak Miskin episode 32: Kapan Vaksin Disuntikkan? lewat widget di bawah ini atau dengarkan kami langsung di Spotify.

(eds/eds)