Ekonomi Brasil Diprediksi Minus 4%

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 22 Okt 2020 22:43 WIB
Bendera Brasil
Ilustrasi Bendera Brasil/Foto: Reuters
Jakarta -

Pemerintah Brasil merevisi perkiraan kontraksi ekonominya. Sebelumnya ekonomi Brasil diprediksi terkontraksi 4,7% awal bulan depan.

Dilansir dari Reuters, Kamis (22/10/2020), Menteri Ekonomi Paulo Guedes mengatakan awal pekan ini perkiraannya secara tahunan, ekonomi Brasil akan terkontraksi sebesar 4%.

Angka terbaru disebut menunjukkan adanya pemulihan ekonomi. Mulai dari penjualan ritel, manufaktur, produksi industri, dan perdagangan internasional semuanya pulih dengan kuat.

Sementara itu, perkiraan rata-rata terbaru dalam survei mingguan ekonom yang dilakukan oleh bank sentral memprediksi ekonomi Brasil akan mengalami kontraksi 5% dalam tahun ini.

Dalam debat online yang diselenggarakan oleh pengadilan audit federal Brasil, Rodrigues juga mengatakan utang publik Brasil akan mencapai puncaknya pada 97,9% dari PDB pada 2026 dan mengakhiri dekade ini pada 94,5%.

Pemerintah Brasil sendiri tetap berjanji untuk mengendalikan defisit mulai tahun depan dan seterusnya. Kemudian menstabilkan hutang, dan membawanya ke jalur penurunan yang berkelanjutan.

Utang publik Brasil tahun lalu adalah 75,8% dari PDB, tetapi telah membengkak ke level rekor tahun ini karena langkah-langkah pengeluaran darurat untuk memerangi pandemi COVID-19.

(hns/hns)