Kamu Penerima BLT UMKM Rp 2,4 Juta? Cek di eform.bri.co.id

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 23 Okt 2020 10:33 WIB
Pengembalian Uang Korupsi Samadikun

Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Toni Spontana (tengah) menyerahkan secara simbolis kepada Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A. Arianto (ketiga kanan) uang ganti rugi korupsi Bantuan Likuidasi Bank Indonesia (BLBI) dengan terpidana Samadikun Hartono di Gedung Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (17/5/2018). Mantan Komisaris Utama PT Bank Modern Samadikun Hartono terbukti korupsi dana talangan BLBI dan dihukum 4 tahun penjara serta diwajibkan mengembalikan uang yang dikorupsinya sebesar Rp 169 miliar secara dicicil. Grandyos Zafna/detikcom

-. Petugas merapihkan tumpukan uang milik terpidana kasus korupsi BLBI Samadikun di Plaza Bank Mandiri.
Foto: grandyos zafna
Jakarta -

Kamu termasuk penerima BLT UMKM Rp 2,4 juta. Bisa dicek melalui laman eform.bri.co.id.

Sepanjang masa pandemi ini, pemerintah telah menyiapkan berbagai macam bantuan. Salah satunya ada yang untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Bantuan ini disebut juga Bantuan Presiden alias Banpres untuk UMKM atau BLT UMKM. BLT UMKM ini masih terus disalurkan pemerintah.

BLT UMKM yang diberikan berupa uang tunai senilai Rp 2,4 juta.

Untuk memastikan apakah usaha Anda termasuk dalam daftar penerima BLT UMKM tersebut, Anda bisa mengeceknya di laman eform.bri.co.id/bpum. Lantaran, BRI sendiri merupakan bank yang ditunjuk sebagai penyalur bantuan tersebut.

Berikut cara lengkapnya:

1. Setelah masuk ke laman eform.bri.co.id/bpum, masukkan NIK KTP di formulir tersebut

2. Masukkan kode verifikasi. Hal ini akan memudahkan penerima karena tidak perlu lagi datang ke kantor cabang.

3. Jika mendapatkan bantuan maka akan ada tulisan "Nomor eKTP terdaftar sebagai penerima BPUM .... dengan nomor rekening.... Untuk verifikasi dan pencairan hubungi BRI terdekat dengan membawa eKTP."

4. Tapi jika belum mendapatkan BLT UMKM maka akan muncul tulisan "Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM" tulis pengumuman tersebut.



Simak Video "Jokowi Bagi-bagi BLT di Kalteng, Minta Usaha Mikro Tak Tutup"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)