Luhut Bicara RI Impor Dokter: Cegah Orang RI Berobat ke Luar Negeri

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Jumat, 23 Okt 2020 21:07 WIB
Menko Luhut Binsar Pandjaitan (Lisye-detikcom)
Foto: Menko Luhut Binsar Pandjaitan (Lisye-detikcom)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pemerintah memfokuskan investasi ke industri kesehatan.

Salah satunya, dia mengungkapkan rencana mendatangkan dokter dari luar negeri. Menurut Luhut tidak ada salahnya bila dokter dengan spesialis khusus bisa masuk ke Indonesia.

"Misalnya dulu tidak boleh bawa dokter internasional. Saya bilang ke Presiden kenapa nggak boleh, kalau yang super spesialis yang kita tidak punya? Ya biarin aja dia praktek," kata Luhut saat memberikan arahan di Lemhannas yang ditayangkan lewat YouTube, Jumat (23/10/2020).

Menurutnya, dokter spesialis dari luar negeri ini bisa saja mendidik dokter di Indonesia. Hal ini bisa memajukan sektor kesehatan dalam negeri, dengan begitu masyarakat tak perlu lagi berobat ke luar negeri. Pasalnya, jumlah uang yang dikeluarkan warga negara Indonesia di luar negeri cukup besar.

"Kan sambil dia punya kewajiban mendidik dokter kita dan supaya mencegah orang Indonesia berobat keluar. Kita ini US$ 4-5 miliar setahun itu buat berobat keluar. Kalau itu dibikin di dalam negeri akan membuat nilai tambah kita," ungkap Luhut.

Dia mengungkapkan tak ada salahnya mengizinkan rumah sakit internasional di Bali hingga Medan. Khusus di Medan, dia tidak ingin banyak orang Indonesia berobat ke Penang, Malaysia.

"Makanya kita izinkan itu rumah sakit internasional untuk ada di Bali, Jakarta dan Medan. Kenapa di Medan? Supaya jangan banyak ke Penang sana. Tapi kota harus engage rumah sakit yang berkualitas," kata Luhut.



Simak Video "Luhut Akui Adanya Monopoli Pengangkutan Ekspor Benur"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)