Biar Nggak Antre Rapid Test di Stasiun, Target Investasi Bisa Tercapai?

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 25 Okt 2020 21:00 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono

Alasan Gramedia Taman Anggrek Tutup

Dijelaskan Corporate Secretary Gramedia Yosef Adityo, pihaknya tidak memperpanjang sewa toko lantaran sudah ada Gramedia di sekitar Mall Taman Anggrek.

"Karena sudah ada di Central Park dan Ciputra," kata dia melalui pesan singkat kepada detikcom, Minggu (25/10/2020).

Saat ditanya apakah penutupan toko di Mall Taman Anggrek lantaran mulai sepi, dia hanya memastikan bahwa penjualan buku via pesan antar masih berjalan dengan baik.

"Kami mengembangkan program Pesan-Bayar-Antar (delivery service by store), jadi pesanan-pesanan buku melalui Gramedia Taman Anggrek masih berjalan baik," paparnya.

Target Realisasi Investasi BKPM Bisa Tercapai?

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menargetkan realisasi investasi tahun ini sebesar Rp 817,2 triliun. Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menjamin pihaknya bisa mencapai target tersebut di akhir tahun ini.

Peneliti Center of Reform on Economics (CORE) Yusuf Rendy Manilet menilai target realisasi investasi dari BKPM terbilang cukup tinggi dan sangat menantang. Sebab jika melihat data di tahun sebelumnya 2 kuartal terakhir biasanya realisasi investasi tidak terlalu signifikan.

"Kalau berbicara target realisasi investasi berarti BKPM atau pemerintah memerlukan pertumbuhan realisasi investasi sebesar 103% untuk bisa mencapai target investasi sebesar Rp 817 triliun di akhir tahun. Ini cukup menantang karena melihat tahun 2019 pertumbuhan total investasi baik itu PMA dan PMDN di kuartal III dan IV secara agregat hanya bisa mencapai 14%," terangnya kepada detikcom, Minggu (25/10/2020).

Memang, lanjut Yusuf, kondisi perekonomian sudah lebih baik dari kuartal sebelumnya. Namun tentu sangat sulit mengejar target realisasi investasi di sisa waktu hanya 3 bulan saja.

Halaman

(dna/dna)