Kena PHK, Pegawai Cathay Ramai-ramai Jual Apartemen Sekitar Bandara

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 26 Okt 2020 21:50 WIB
Maskapai asal Hong Kong Cathay Pacific Airways Ltd akan pangkas 6.000 pekerja. Perusahaan juga akan tutup anak usahanya Cathay Dragon imbas pandemi Corona.
Foto: AP Photo/Kin Cheung
Jakarta -

Maskapai Cathay Pacific Airways Ltd telah memutuskan untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 6.000 pegawainya. Keputusan itu ikut berdampak kepada pasar properti di Hong Kong.

Beberapa orang memilih untuk mencari apartemen yang lebih murah, bahkan meninggalkan Hong Kong. Hal itu merupakan pukulan berat bagi salah satu tenaga kerja terbesar di kota itu, yang akhirnya merembet ke pasar properti.

Apartemen dijual dengan harga US$ 8.387 sebulan atau lebih telah meningkat di Discovery Bay, sekitar 30 menit dari bandara yang menjadi rumah bagi banyak pilot. Di Tung Chung, area lain yang populer di kalangan karyawan Cathay, sekitar 60 penyewa telah menyerahkan sewa mereka selama tiga bulan terakhir.

"Saya belum pernah melihat begitu banyak orang melepaskan apartemen sewaan mereka dalam karier saya. Anggota kru lokal yang diberhentikan atau dipotong gajinya memutuskan kontrak mereka," kata Manajer Penjualan di Midland Realty, Joe Lee dikutip dari Bloomberg, Senin (26/10/2020).

Harga sewa di Tung Chung telah turun 5% sejak awal tahun dan diramal turun 3% lagi pada kuartal IV-2020. Mayoritas permintaan sewa di lingkungan ini berasal dari awak maskapai, karyawan dengan perusahaan logistik, dan profesional lain yang terkait dengan penerbangan.

Industri ini juga terwakili dengan baik di Discovery Bay, populer dengan jalan-jalan dengan deretan pepohonan dan apartemen tepi lautnya.

Beberapa pemilik di daerah itu sekarang dengan senang hati mendapatkan pembeli seharga HK$ 85.000 untuk properti yang sebelumnya seharga HK$ 110.000. Beberapa pilot yang biasa menyewa unit-unit kelas atas itu telah meninggalkan Hong Kong untuk pekerjaan di tempat lain atau pensiun lebih awal. Yang lain telah menurunkan kisaran harga ke HK$ 40.000 menjadi HK$ 60.000, di mana permintaan lebih stabil.

(zlf/zlf)