Khabib Punya Rp 438 M saat Pensiun, Ini Caranya Biar Nggak Bangkrut

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 27 Okt 2020 14:02 WIB
ABU DHABI, UNITED ARAB EMIRATES - SEPTEMBER 07: Khabib Nurmagomedov of Russia compete against Dustin Poirier of United States in their Lightweight Title Bout during the UFC 242 event at The Arena on September 07, 2019 in Abu Dhabi, United Arab Emirates. (Photo by Francois Nel/Getty Images)
Khabib Nurmagomedov/Foto: (Getty Images/Francois Nel)
Jakarta -

Pegulat Khabib Nurmagomedov menyatakan pensiun dini di usianya yang masih tergolong muda tepatnya di umur 32 tahun. Kekayaan bersih Khabib tahun ini diperkirakan menyentuh angka US$ 30 juta setara Rp 438 miliar (kurs Rp 14.600).

Lalu bagaimana cara mengatur uang agar Khabib tidak bangkrut usai pensiun dini?

Menurut Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho, hal yang pertama harus dilakukan adalah menyisihkan 50% hartanya untuk dana abadi. Maksudnya, diinvestasikan ke instrumen investasi yang memiliki jangka waktu lama.

Misalnya, menurut Andy, 50% harta bisa diarahkan ke deposito jangka panjang. Nantinya, Khabib mendapatkan keuntungan tiap bulan dari bunganya.

"Kalau saya Khabib, saya akan bagi dua harta saya, setengah harta saya akan saya deposito-kan, atau investasi yang jangka panjang dan return-nya bagus. Yang jelas dana saya aman dan saya bisa dapat bunganya, jadi semacam dana abadi," jelas Andy kepada detikcom, Selasa (27/10/2020).

Bunga deposito itu lah yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dia mengingatkan gaya hidup pun akan berubah, harus mengikuti pendapatan yang ada.

"Nah dari bunga deposito itu bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Gaya hidup saya jadinya harus menyesuaikan jumlah bunga yang saya dapatkan," kata Andy.

Kemudian, separuhnya lagi bisa digunakan untuk dana bebas yang siap digunakan untuk keperluan lain. Andy menyarankan dana bebas itu bisa digunakan untuk melakukan investasi dalam rangka menambah pendapatan seperti membuka usaha.

"Separuhnya lagi baru dana bebas, bisa diinvestasikan ke hal lain atau mulai usaha. Jadi bisa juga menaikkan pendapatan dari bunga deposito tadi," ungkap Andy.

Peluang Khabib untuk membuka usaha cukup besar. Andy menilai, nama besar, pamor, dan relasi Khabib bisa digunakan untuk mendongkrak usahanya.

Dia menyarankan Khabib membuka usaha di bidang yang tak jauh-jauh dari dunia gulat. Bisa saja Khabib membentuk sebuah pelatihan gulat, atau peralatan olah raga.

"Misalnya Khabib ini kan nggak aktif bertarung lagi bisa aja dia buka macam pelatihan buat gulat atau buka aja usaha peralatan olah raga. Kebetulan kan namanya dia, pamornya dia, channel-nya dia kan bagus bisa digunakan mendongkrak bisnis," jelas Andy.

(ara/ara)