Sri Mulyani Tanya Cita-cita Anak SMP: Nggak Mau Jadi Menkeu?

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 27 Okt 2020 15:22 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berbincang dengan pelajar SMP di beberapa daerah yang menjadi pemenang lomba konten dalam rangka memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-74. Dalam kesempatan itu, dia bertanya sejumlah hal, salah satunya terkait cita-cita.

Setidaknya ada 8 pelajar SMP sebagai perwakilan pemenang juara 1-3 yang diberikan pertanyaan serupa. Namun satupun tidak ada yang bercita-cita untuk meneruskan dirinya sebagai Menteri Keuangan.

"Jadi kamu nanti kalau besar mau jadi apa?," kata Sri Mulyani disela acara Olimpiade APBN 2020 melalui video conference, Selasa (27/10/2020).

"Pengin jadi jaksa," jawab Esa, salah satu pemenang juara 1 dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) 3 Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.

"Oh kenapa nggak kepengin jadi Menteri Keuangan?," tanya Sri Mulyani lagi.

Rata-rata para pelajar SMP tersebut bercita-cita ingin jadi polisi, sutradara, dokter, guru, dan pengusaha. Namun demikian, Sri Mulyani mengaku senantiasa mendukung setiap cita-cita yang mereka inginkan dan berharap kelak cita-cita tersebut dapat tercapai.

Dia pun berpesan kepada para pemenang agar selalu menjaga kepedulian terhadap negara, memperjuangkan hak yang benar, hingga terus berkreasi untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.

"Jadi tolong perasaan untuk memperjuangkan mereka yang lemah itu dijaga terus ya. Jaga kreativitas, jangan terlalu sempit mikir tapi kita terus berinovasi seperti yang kamu lakukan ini luar biasa dan bisa menghasilkan suatu karya yang baik," tuturnya.



Simak Video "Sri Mulyani Beberkan Potensi Ekonomi Digital RI yang Luar Biasa"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)