Ant Group, di Balik Meroketnya Harta Jack Ma Rp 396 T

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 28 Okt 2020 09:00 WIB
Jack Ma
Foto: istimewa

Ant Grup memiliki beberapa perusahaan seperti Alipay, Yu'e Bao, Huabei, Xiang Hu Bao, Mybank, dan Zhima Credit.

Alipay merupakan perusahaan bisnis pembayaran seluler terbesar di China. Ant Group meluncurkannya pada tahun 2004. Tujuan diluncurkannya Alipay sebagai layanan escrow untuk mengatasi masalah kepercayaan antara pembeli dan penjual online di masa awal e-commerce. Kini Alipay menjadi perusahaan yang tumbuh pesat dengan melayani sekitar 1,3 miliar pengguna di seluruh dunia.

Yu'e Bao adalah platform pengelolaan kas cadangan secara online yang diluncurkan Anr Group di aplikasi Alipay. Pengoperasiannya, ketika seseorang mentransfer yang ke Yu'e Bao maka uang itu akan dimasukkan ke dalam dana pasar yang dikelola oleh perusahaan pengelola aset dan menghasilkan pengembalian bagi pengguna. Tercatat sudah lebih dari 600 ribu pengguna platform ini.

Huabei adalah platform kredit konsumen yang mendukung masyarakat untuk berbelanja. Para pengguna dapat menikmati fasilitas pinjaman. Platform ini memanfaatkan modal dari lembaga keuangan dan investor lainnya.

Xiang Hu Bao atau yang memiliki arti saling melindungi adalah platform bantuan bersama dalam aplikasi Alipay. Aplikasi ini memberikan layanan semacam asuransi kesehatan dan memberikan perlindungan bagi peserta dari 100 jenis penyakit kritis.

Mybank adalah salah satu bank swasta pertama yang diujicobakan di China dan bank online pertama tanpa kantor cabang secara fisik. Mybank melayani usaha kecil dan mikro dan memproses pinjaman hanya dalam waktu tiga menit. Bank swasta ini didirikan pada tahun 2015, bank ini telah melayani lebih dari 29 juta usaha kecil dan mikro serta pengusaha perorangan.

Zhima Credit adalah layanan penilaian kredit swasta dan independen yang dibuat untuk pengguna komersial. Saat ini, Zhima Credit telah membantu pengguna membebaskan lebih dari RMB 100 miliar dari simpanan yang diwajibkan.

Halaman


Simak Video "Jack Ma yang Kalem di Kemunculan Perdananya Usai Menghilang"
[Gambas:Video 20detik]

(hek/zlf)