Ant Group, di Balik Meroketnya Harta Jack Ma Rp 396 T

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 28 Okt 2020 09:00 WIB
Jack Ma
Foto: istimewa
Jakarta -

Ant Grup menjadi faktor utama kekayaan harta Jack Ma meroket sebesar US$ 27 miliar atau sekitar Rp 396 triliun (kurs Rp 14.600). Ant Group merupakan perusahaan yang menciptakan infrastruktur dan platform untuk mendukung transformasi digital industri jasa.

Baru-baru ini, perusahaan yang dikendalikan Jack Ma baru melantai di bursa saham dengan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO).

Forbes mencatat, jika saham Ma di Ant Group ditambah dengan kepemilikan saham di Alibaba maka kekayaannya menjadi sebesar US$ 68 miliar. Nilai itu membuat dirinya menduduki urutan pertama orang terkaya di negeri Tirai Bambu dan terkaya ke-12 di dunia.

IPO yang dikabarkan senilai US$ 35 miliar ini menandakan China mempunyai pengaruh besar di bidang keuangan digital dan tengah berkembang pesat. Tentu akan meningkatkan posisi China di pasar modal Internasional. Mengingat saat ini China tengah mempromosikan dan meningkatkan industri teknologi terutama pada semikonduktor.

Sebagai negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia China menghasilkan banyak miliarder baru. Bahkan jumlah miliarder China saat ini mengalahkan Amerika Serikat. Adapun miliarder baru di China salah satunya CEO Alibaba Group Daniel Zhang yang memiliki saham Ant senilai US$ 1,5 miliar

Perusahaan China yang mencari valuasi yang lebih tinggi di dalam negerinya dari pada dengan AS telah mengubah dunia industri teknologi selama beberapa tahun terakhir. Salah satunya Ant Grup dan ada ada pemasok panel surya Trina, raksasa periklanan Focus Media, dan pembuat peralatan medis Mindray.

Melansir laman resmi Antgroup, Selasa (27/10/2020), Ant Group merupakan perusahaan teknologi sektor keuangan yang berafiliasi dengan Alibaba. Jack Ma memiliki kendali penuh atas perusahaan yang memiliki tujuan menjangkau semua konsumen dan usaha kecil ke layanan keuangan dan lainnya melalui aksek teknologi.

"Kami berusaha keras untuk memungkinkan semua konsumen dan usaha kecil memiliki akses yang sama ke keuangan dan layanan lainnya yang inklusif, aman, dan berkelanjutan," tulis Ant Group.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dalam Semalam Harta Jack Ma Bertambah Rp 396 Triliun "
[Gambas:Video 20detik]