Yang Muda yang Bahaya, Daftar Lengkap Anak Muda Terkaya China

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 28 Okt 2020 10:02 WIB
Business woman holding stack of 100 yuan banknotes money. Chinese yuan currency
Foto: iStock
Jakarta -

Saat ini China menjadi sarang para miliarder dunia. Dari ratusan miliarder, ada sejumlah miliarder muda di bawah usia 40 tahun. Miliarder muda itu telah mengumpulkan kekayaan gabungan lebih dari US$ 223 miliar setara Rp 3.200 triliun (kurs Rp 14.650).

Kini China tengah menikmati akumulasi kekayaan tercepat yang pernah ada, meskipun di tengah krisis ekonomi. Menurut daftar orang terkaya Hurun Rich List, China memiliki 60 miliarder muda dan 14 orang diantaranya miliarder yang baru bergabung di 2020 ini.

Bertambahnya miliarder China disebabkan melonjaknya perusahaan di sektor teknologi dan sederet IPO yang dilakukan sejumlah perusahaan teknologi. Saat ini China memiliki 878 miliarder dengan kekayaan gabungan US$ 4 triliun.

Melansir dari CNBC, Rabu (28/10/2020) berikut ini daftar 20 teratas miliarder muda terkaya di China

1. Huiyan Yang

Masih terdaftar menjadi orang terkaya China, Huiyan Yang, berusia 39 tahun dianggap sebagai wanita terkaya di Asia. Kekayaan bersih yang dia miliki sebesar US$ 33,1 miliar setara Rp 485 triliun.

Yang adalah pemegang saham mayoritas Country Garden, sebuah perusahaan pengembang properti yang didirikan oleh Ayahnya, Guoqiang Yang di Guangdong pada tahun 1992. Setahun terakhir ini kekayaan Yang menlonjak 29%.

2. Zetian Zhang

Kekayaan gabungan Zetian Zhang dan suaminya Qiangdong Liu melonjak 111% menjadi US$ 23,5 miliar. Lonjakan itu mereka dapat berkat pertumbuhan dari perusahaan e-commercer mereka JD.com.

Sebagai seorang pengusaha wanita bersia 27 tahun, Zhang adalah seorang investor yang juga menjabat sebagai kepala penasihat merek pakaian di bisnis mewah JD. Pada usia 24 tahun, ia menjadi miliarder wanita termuda di Tiongkok setelah menikah dengan Liu pada tahun 2015.

3. Hao Yan

Hao Yan adalah ketua dari perusahaan konstruksi Pacific Construction Group yang bermarkas di Xinjiang. Perusahaan itu didirikan oleh ayahnya, CEO JieHe Yan pada1986. Meski masih berusia 34 tahun Yan telah masuk daftar orang terkaya di China dengan kekayaan bersih senilai U$ 21,3 miliar.

4. Yiming Zhang

Yiming Zhang adalah salah satu pendiri dan CEO ByteDance, perusahaan pemilik platform viedo pendek TikTok yang kini eksistensinya di kalangan remaja berhasil melampaui Instagram milik Facebook. Zhand yang berusia 37 tahun kekayaannya ikut melejit seiring pertumbuhan platform TikTok, kekayaan bersihnya sebesar US$ 16,2 miliar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Deretan Orang Terkaya Dunia yang Merugi Rp 642 T Dalam Sepekan"
[Gambas:Video 20detik]