Stimulus Tak Kunjung Cair, Bursa Saham AS Suram

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Rabu, 28 Okt 2020 10:19 WIB
Pusat bisnis di New York, Wall Street terlihat kosong melompong sebagai dampak
 pandemi Covid-19, Minggu (29/3/2020).
Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency
Jakarta -

Bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street ditutup bervariasi dengan sedikit penurunan pada perdagangan hari Selasa. Indeks Dow dan S&P 500 tergelincir nilainya, sementara Nasdaq masih menunjukkan kenaikan.

Wall Street dihantui sentimen investor yang negatif. Hal itu terjadi setelah Gedung Putih mengatakan kesepakatan bantuan stimulus COVID-19 akan disetujui beberapa minggu lagi. Artinya, kemungkinan stimulus tidak akan direalisasikan sebelum pemilu.

"Kemunduran yang telah kami lihat ini adalah sedikit lebih dari langkah risk-off, karena paket stimulus tambahan sekarang telah dikesampingkan," kata Kevin Flanagan, kepala strategi pendapatan tetap di WisdomTree Investments, dilansir dari Reuters, Rabu (28/10/2020).

Indeks Dow Jones Industrial Average terpantau turun 222,19 poin, atau 0,8% menjadi 27.463,19 dan S&P 500 kehilangan 10,29 poin, atau 0,30%, menjadi 3.390,68.

Sementara itu, indeks komposit Nasdaq meroket 72,41 poin, atau 0,64%, menjadi 11.431,35.

Nasdaq yang didukung banyak saham teknologi naik karena Microsoft Corp menguat. Microsoft mengalahkan perkiraan Wall Street untuk pendapatan kuartalan yang naik 12% menjadi US$ 37,2 miliar.

Keuntungan Microsoft terjadi karena raksasa perangkat lunak itu mendapat lebih banyak keuntungan dari pergeseran global ke bekerja dan belajar dari rumah.

Kekhawatiran atas peningkatan kasus virus Corona di AS membebani pasar, tetapi sektor teknologi tampaknya paling tidak terekspos.

"Fokus pada perusahaan teknologi besar dapat menggerakkan pasar ini untuk rally meskipun ada masalah yang ditimbulkan oleh virus," kata Rick Meckler, mitra di Cherry Lane Investments di New Vernon, New Jersey.



Simak Video "IHSG Anjlok Karena PSBB Jakarta, PPP: Masyarakat Dulu Baru Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)