Long Weekend, Stasiun Gambir Sepi Penumpang di Pagi Hari

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 28 Okt 2020 10:29 WIB
Stasiun Gambir Sepi di Hari Pertama Cuti Bersama
Stasiun Gambir/Foto: Soraya Novika/detikcom
Jakarta -

Libur panjang atau long weekend sudah dimulai karena hari libur nasional memperingati Maulid Nabi pada 29 Oktober serta cuti bersama pada tanggal 28 dan 30 Oktober 2020. Long weekend di masa pandemi kali ini tampaknya tak banyak mendorong pergerakan masyarakat bepergian ke luar kota, terutama penumpang kereta api jarak jauh.

Berdasarkan pantauan detikcom pagi ini sekitar pukul 09.00 WIB, Stasiun Gambir yang menjadi pusat pergerakan kereta jarak jauh dari Jakarta tampak sepi penumpang. Di berbagai loket penjualan langsung maupun ticket box (pembelian tiket secara mandiri/self serving) tak tampak antrean penumpang.

Demikian pula di pintu masuk peron penumpang juga tak tampak antrean penumpang. Namun, tampak beberapa orang duduk-duduk di ruang tunggu di lobby selatan Stasiun Gambir atau tepatnya di bawah tangga yang mengarah ke peron.

Sedikit bergeser ke area rapid test tampak belasan orang mengantre. Suasana di sini juga tak seramai biasanya.

"Iya, hari ini sepi," ujar seorang petugas KAI yang enggan disebut namanya kepada detikcom, Rabu (28/10/2020).

Meski sepi di hari pertama long weekend, tiket kereta jarak jauh ternyata sudah banyak dipesan di hari-hari sebelumnya.

"Tiket dah banyak yang beli kemarin-kemarin sih," sambungnya.

Stasiun Gambir Sepi di Hari Pertama Cuti BersamaFoto: Soraya Novika/detikcom

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan hari ini sebetulnya menjadi puncak keberangkatan penumpang di masa long weekend. Keberangkatan hari ini paling banyak terjadi pada jadwal kereta siang hingga malam.

"Keberangkatan siang ke malam," tutur Eva saat dikonfirmasi detikcom.

Sebelumnya Eva mengatakan memang ada peningkatan penumpang KA Jarak Jauh khususnya dari keberangkatan Daop 1 Jakarta (Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota) pada H-1 long weekend kemarin.

Pada Selasa (27/10), tercatat ada 9.374 penumpang yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota dari 10.816 tempat duduk yang disediakan (penjualan tiket mencapai 86%).

Untuk keberangkatan hari ini sudah terjual 9.284 tiket atau mencapai sekitar 95% dari ketersediaan tempat duduk sebanyak 9.714.

"Angka ini masih akan bertambah mengingat penjualan tiket dilakukan secara online dan go show sebelum 3 jam keberangkatan KA," kata Eva.

Adapun ketersediaan jumlah tempat duduk yang disiapkan tetap dibatasi dengan kapasitas maksimal hanya 70% dari total kapasitas keseluruhan, hal ini dilakukan agar penjagaan jarak fisik antar penumpang di kereta untuk protokol kesehatan tetap dapat diterapkan.

(ara/ara)