Sandi Uno Luncurkan Program Teknopreneur Sejuta Ayam, Apa Itu?

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 28 Okt 2020 12:04 WIB
Sandiaga Uno
Foto: Eko Susanto
Jakarta -

Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia atau INOTEK Foundation yang didirikan oleh Sandiaga Salahuddin Uno dan Arief Surowidjojo menginisiasi program baru Seribu Teknopreneur Sejuta Pekerjaan (STSP). Program itu dibuat atas kolaborasi dengan Orbit Future Academy.

Sandiaga Uno mengatakan melalui program itu akan menghadirkan budi daya ayam dengan pendekatan teknologi terpadu di level terbawah masyarakat. Sehingga, program ini tidak hanya membangun kewirausahaan kolaboratif, tetapi juga revitalisasi ekonomi imbas pandemi COVID-19.

Kerjasama tersebut dapat menjadi langkah kecil dalam pemberdayaan masyarakat, penciptaan lapangan pekerjaan, berkontribusi kepada pemulihan ekonomi nasional. Selain itu menciptakan startup baru melalui kerja sama dengan mentor ahli industri dan spesialis teknologi.

"Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan dengan menggunakan keahlian masa depan di level akar rumput," ungkap Sandi pada Senin (26/10/2020).

Sandi menambahkan lewat program bertajuk 'Satu Juta Ayam' itu akan melibatkan pengusaha di daerah. Mereka akan diberikan pelatihan, pendampingan dan pendanaan, sehingga ketahanan pangan nasional dalam bentuk peternakan ayam dapat tercapai.

"Seribu teknopreneur, sejuta lapangan kerja. Lewat teknologi dan jaringan teknopreneur, saya yakin kita bisa capai itu semua," ungkap Sandi.

CEO Orbit Future Academy, Sachin V Gopalan menjelaskan kerjasama ini didasari oleh rendahnya konsumsi protein masyarakat Indonesia dibandingkan dengan sejumlah negara lainnya di dunia.

Diketahui, pemenuhan gizi berupa sumber protein yang berasal dari hewan memiliki porsi sebesar 70 persen, yakni terdiri dari 1,3 persen daging merah, 36,1 persen telur, 45,4 persen seafood dan 17,2 persen ayam.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dalton Tanonaka Ditangkap, Sandiaga: Saya Prihatin"
[Gambas:Video 20detik]