Cashless Banget! Orang Ini Nggak Pernah Belanja Pakai Uang Tunai

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 28 Okt 2020 13:59 WIB
cashless
Foto: shutterstock
Jakarta -

Seorang pria di Jepang selama hidupnya tidak pernah menggunakan uang untuk berbelanja. Ia hanya menggunakan voucher yang didapatkan dari perusahaan tempatnya berinvestasi

Dari Sinchew Daily disebutkan pria bernama Kiriya Hiroshi (71) mulai berinvestasi di instrumen saham pada usia 35 tahun.

Memang di pasar saham Jepang, ada sistem yang memungkinkan para investor mendapatkan reward dalam bentuk voucher. Saat ini saham yang dimiliki Hiroshi mencapai 300 juta yen.

Hiroshi saat ini sudah berinvestasi di lebih dari 900 perusahaan yang rutin memberinya voucher setiap tahun. Dalam sebuah tayangan reality show disebutkan dia menggunakan kupon-kupon tersebut untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti beras, minyak, garam, pakaian, sepatu sampai sepeda.

Dia menyebut sangat menjaga arus keluar masuk pengeluarannya. Dia tidak akan berbelanja dengan harga yang lebih dari nilai voucher.

Untuk transportasi, saat ini Hiroshi menggunakan sepeda dan tidak menggunakan angkutan umum. Dompet Hiroshi tidak seperti orang lain yang berisi uang dan kartu, tapi hanya berisi voucher.

(kil/fdl)