Ada Promo Tiket Pesawat saat Cuti Bersama, Beneran Bikin Untung?

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 28 Okt 2020 15:35 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi/Foto: Thinkstock
Jakarta -

Cuti bersama di akhir Oktober 2020 membuat masyarakat tergiur untuk liburan. Para perusahaan agen travel pun berlomba-lomba menebar diskon tiket pesawat.

Kebanyakan diskon atau promo yang diterapkan berlaku sepanjang libur panjang, bahkan hingga awal November 2020. Namun apakah diskon benar menguntungkan atau malah bikin buntung?

Traveloka misalnya menerapkan promo diskon bertajuk Payday. Diskon tiket yang diberikan potongan sampai dengan Rp 300 ribu yang berlaku pada periode 23-31 Oktober 2020.

Jika dilihat secara detail, diskon itu berlaku dengan beberapa mitra bank. Masing-masing bank berbeda besaran potongannya.

Misalnya dengan Bank Mandiri kupon diskon yang diberikan 10%, tapi potongannya sampai Rp 300 ribu dengan transaksi minimal Rp 2 juta dalam satu nomor pesanan. Diskon itu hanya berlaku untuk pembayaran menggunakan Traveloka Mandiri Card.

Itu artinya minimal harus membeli tiket senilai Rp 2 juta untuk mendapatkan potongan Rp 300 ribu. Atau uang yang harus dikeluarkan Rp 1,7 juta.

Sementara Pegipegi menawarkan diskon tiket pesawat Rp 100 ribu untuk semua rute domestik yang promonya berlaku hingga 5 November 2020. Syaratnya minimum transaksi Rp 1 juta dan hanya berlaku untuk maskapai Citilink, Sriwijaya Air, dan NAM Air.

Namun jika dilihat harga tiket pesawat ekonomi untuk penerbangan langsung Jakarta-Bali untuk hari ini di dua platform itu dijual di kisaran Rp 1,2 juta hingga Rp 1,5 juta. Harga itu jauh lebih tinggi dari harga tiket di hari-hari biasanya.

Bahkan jika dilihat pemesanan tiket untuk akhir pekan di 7 November 2020 harga tiket pesawat ekonomi Jakarta-Bali langsung ada hanya berkisar Rp 400 ribu sampai Rp 700 ribu.

(das/ara)