Tak Ada Kaitan dengan Prancis, Transmart Tegaskan 100% Lokal!

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 28 Okt 2020 19:20 WIB
Transmart di Pekalongan
Foto: Robby Bernardi/detikcom
Jakarta -

Dunia sedang heboh menyerukan boikot produk Prancis. Hal ini sebagai bentuk protes terhadap pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron tentang Islam.

Produk atau merek Prancis memang banyak mendunia tak kecuali di Indonesia, di sektor ritel sendiri ada Carrefour. Bagaimana dengan Carrefour di Indonesia?

Vice President Corporate Communications PT Trans Retail Indonesia (Carrefour) Satria Hamid mengatakan bahwa Carrefour yang ada di Indonesia sejak 2013 sudah 100% menjadi lokal dan tak ada kaitannya dengan Prancis.

Sejak saat itu secara entitas bisnis, Carrefour di Indonesia sudah menjadi perusahaan lokal nasional dengan nama PT Trans Ritel Indonesia. PT Trans Retail Indonesia saat ini membawahi 132 toko di seluruh Indonesia yang mencakup Transmart, Transmart Carrefour dan Carrefour.

"Sejak Januari 2013 kepemilikan saham Carrefour di Indonesia 100% sudah dimiliki oleh Pengusaha Nasional Pak Chairul Tanjung. Mulai saat itu kita kembangkan brand Transmart di Indonesia. Jadi secara bertahap, secara branding, toko Carrefour kita transformasikan menjadi Transmart, tidak memakai Carrefour lagi," kata Satria kepada detikcom, Rabu (28/10/2020).

Dia memastikan produk yang dijual di Carrefour Indonesia mayoritas asli lokal. Meski ada sedikit bahan baku dari impor, itupun tidak berasal dari Prancis.

"Komposisi dari produk yang kami jual adalah 95% produk lokal dari pemasok nasional asal Indonesia. Hanya 5% yang impor, itupun kita tidak ada yang direct impor langsung dari Prancis," tegasnya.

Meski ada merek-merek Prancis yang dijual, produk Carrefour di Indonesia disebut merupakan hasil dalam negeri dan diolah di dalam negeri. Misalnya merek Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang investornya memang dari Prancis, justru semua bahan bakunya berasal dari Indonesia, seperti air yang bersumber dari pegunungan di Indonesia.

"Transmart memiliki komitmen membangun ekonomi di tanah air untuk terus bekerja sama dengan pemasok lokal," katanya.

(eds/eds)