Simak! Ini Rincian Lengkap Bantuan Kuota Belajar Kemdikbud

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 29 Okt 2020 08:45 WIB
Pandemi COVID-19 membuat KBM dilakukan dari rumah secara daring. Namun, kestabilan jaringan internet kerap jadi kendala bagi siswa di daerah terpencil.
Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI
Jakarta -

Bantuan kuota belajar Kemendikbud sudah bisa digunakan. Jumlahnya bervariasi mulai dari 20 GB sampai dengan 50 GB.

Tergantung dari jenjang pendidikannya. Namun untuk kuota belajar diberikan sebesar 5GB.

Mengutip laman resmi kuota-belajar.kemdikbud.go.id disebutkan rincian bantuan untuk peserta didik jenjang PAUD sebanyak 20 GB per bulan. Rinciannya 5 GB kuota umum dan 15 GB kuota belajar dengan durasi bantuan selama 4 bulan.

Kemudian bantuan kuota belajar untuk peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah 35 GB per bulan. Rinciannya 5 GB kuota umum dan 30 GB kuota belajar selama 4 bulan.

Lalu bantuan kuota belajar untuk pendidikan jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah 42 GB per bulan. Dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar selama 4 bulan.

Selanjutnya bantuan kuota belajar untuk dosen dan mahasiswa 50GB per bulan. Terdiri dari 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar selama 4 bulan.

Program bantuan kuota belajar ini adalah subsidi kuota data internet yang diberikan oleh pemerintah melalui operator seluler untuk memfasilitasi pembelajaran daring pengajar dan peserta didik, khususnya di masa pandemi.

Kebijakan bantuan kuota internet bagi guru, siswa, dosen, dan mahasiswa adalah upaya pemerintah dalam mewujudkan aspirasi masyarakat terkait tantangan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19.

Kepala Biro Humas dan Kerjasama Kemendikbud Evy Mulyani penyaluran kuota belajar akan dilakukan sesuai jadwal. Adapun, kuota tahap pertama dijadwalkan pada 22-23 Oktober dan tahap dua pada 28-30 Oktober.

"Penyaluran bantuan kuota data internet periode Oktober direncanakan dilaksanakan sesuai dengan Persesjen (Peraturan Sekretaris Jenderal) tersebut. Tentunya, berbagai persiapan teknis telah dan sedang dilaksanakan," jelas dia.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2