Asyik! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Sebentar Lagi Dibuka

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 29 Okt 2020 11:41 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Foto: Ilustrasi Kartu Pra Kerja (Tim Infografis: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Pendaftaran gelombang ke-11 program Kartu Prakerja dalam waktu dekat akan diputuskan. Saat ini pihak Project Manager Office (PMO) atau Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja masih menunggu sampai batas kepesertaan gelombang 10.

Program Kartu Prakerja sampai saat ini sudah dibuka hingga gelombang 10. Tercatat sudah ada sekitar 5,59 juta masyarakat yang sudah lolos.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan penetapan pembukaan gelombang 11 diumumkan akhir bulan Oktober 2020.

"Kami masih memantau kepesertaan dari gelombang 10 yang akan jatuh tempo pada 31 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB. Setelah itu baru akan diputuskan," kata dia saat dihubungi detikcom, Jakarta, Kamis (29/10/2020).

Hingga saat ini, PMO mencatat sekitar 310.212 kepesertaan program Kartu Prakerja dicabut. Dengan begitu, ada sekitar Rp 1,1 triliun insentif Kartu Prakerja yang tidak terserap dan dikembalikan ke kas negara.

Insentif yang tidak terserap itu, kabarnya akan dimanfaatkan oleh pihak PMO untuk membuka gelombang 11 Kartu Prakerja. Namun Louisa mengaku hal tersebut masih menunggu keputusan dari Komite Cipta Kerja (KCK).

"Keputusan mengenai pemanfaatan dana itu ada di tangan KCK. Akan segera saya kabari kalau ada perkembangan," ungkapnya.

(hek/ara)