Penumpang di Bandara Soetta Cetak Rekor di Tengah Pandemi

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 29 Okt 2020 19:00 WIB
Bandara Soekarno-Hatta terpantau ramai jelang libur Idul Adha yang jatuh besok, Jumat (31/7/2020). Begini potret Bandara Soetta yang penuh penumpang.
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Jumlah penumpang di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) melonjak saat cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW. PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat, jumlah penumpang di Bandara Soetta pada Rabu (28/10) kemarin mencetak rekor harian tertinggi di tengah pandemi.

Berdasarkan keterangan resmi AP II, Kamis (29/10/2020), jumlahnya mencapai 64.021 orang dengan jumlah penerbangan yang juga tertinggi di tengah pandemi, yakni 644 penerbangan.

Sementara, dari keseluruhan 19 bandara yang dikelola AP II, jumlah penumpang tembus 110.530 orang dengan 1.069 penerbangan. Angka ini melebihi catatan tertinggi sebelumnya pada 23 Agustus 2020 yakni sekitar 95.000 orang penumpang pesawat dengan 1.045 penerbangan.

"Penerbangan berjalan lancar, pelayanan sesuai standar, dan protokol kesehatan tetap berjalan baik di bandara-bandara PT Angkasa Pura II, di tengah ramainya penumpang pesawat pada 28 Oktober yang merupakan hari pertama periode libur panjang 28 Oktober-1 November 2020," jelas President Director AP II Muhammad Awaluddin.

Menurutnya, kenaikan jumlah penumpang ini menandakan kepercayaan masyarakat terhadap transportasi udara mulai tumbuh kembali.

"Ini mengindikasikan kepercayaan masyarakat sudah membaik khususnya di bandara-bandara AP II sejalan dengan protokol kesehatan yang dijalankan ketat dan disiplin," ujar dia.

Selain itu, naiknya jumlah penumpang ini dilatarbelakangi oleh stimulus passenger service charge (PSC) yang diberikan pemerintah di 5 bandara AP II antara lain
Bandara Soetta, Halim Perdanakusuma, Silangit, Kualanamu, dan Banyuwangi. Dengan stimulus itu, maka harga tiket pesawat jadi lebih murah karena penumpang tidak perlu membayar PSC.

Adapun jumlah penumpang di 5 bandara tersebut pada 28 Oktober adalah 79.938 orang, atau mencapai sekitar 72,32% % dari total penumpang 19 bandara.

"Stimulus PSC bagi 5 bandara tersebut sangat tepat, karena jumlah penumpang di bandara-bandara itu mencapai 72,32% dari 19 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II. Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah atas adanya stimulus PSC ini," tutup Awaluddin.

(ara/ara)