Ramai Boikot Produk Prancis, Memang Apa Saja Sih yang Ada di RI?

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 30 Okt 2020 14:17 WIB
bendera Prancis
Bendera Prancis/Foto: Internet
Jakarta -

Seruan boikot produk Prancis kian menggema di berbagai negara mayoritas muslim di seluruh dunia. Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar juga ikut mendengar gaungannya.

Kehebohan ini berakar dari pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menyatakan tidak akan menarik karikatur Nabi Muhammad SAW dan berperang dengan Islam radikal.

Indonesia sudah mengambil sikap melalui Kementerian Luar Negeri yang memanggil duta besar Prancis di Indonesia, Olivier Chambard. Meski begitu belum ada seruan untuk memboikot produk Prancis.

Namun, netizen Indonesia sudah sangat ramai membahas gerakan boikot produk Prancis. Yang perlu diketahui adalah produk Prancis apa saja yang ada di Indonesia.

Mengutip CNBC Indonesia, Jumat (30/10/2020), produk-produk Prancis yang diekspor ke Indonesia mencapai US$ 1,68 miliar pada 2018. Di tahun berikutnya, nilai ekspor produk Prancis ke RI naik menjadi US$ 1,8 miliar atau setara dengan Rp 26,1 triliun (kurs Rp 14.500).

Hubungan dagang RI dengan Prancis juga tidak sebesar dengan negara-negara Uni Eropa lainnya seperti Italia dan Jerman.

Produk Prancis yang paling banyak diimpor Indonesia adalah pesawat terbang dan komponennya yang mencapai lebih dari 45% dari total impor. Prancis sendiri memiliki perusahaan manufaktur pesawat terbang bernama Airbus yang bermarkas di Toulouse. Berbagai maskapai Indonesia menggunakan pesawat tersebut.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2