Ada Seruan Boikot, Danone Aqua Produk Mana?

Puti Yasmin - detikFinance
Senin, 02 Nov 2020 12:00 WIB
Permintaan air minum dalam kemasan mengalami lonjakan saat perayaan hari besar seperti pada saat Hari Raya Idul Fitri seperti saat ini. Lonjakan tersebut dinilai wajar karena memang kebutuhan masyarakat akan air minum dalam kemasan mengalami kenaikan dengan alasan praktis. Petugas tengah memindahkan galon-galon air dari truk di jalan RA Kartini, Kota Bekasi, Rabu (22/07/2015). Rengga Sancaya/detikcom.
Foto: Rengga Sancaya/Ada Seruan Boikot, Danone Aqua Produk Mana?
Jakarta -

Aksi boikot barang-barang asal Prancis terjadi di beberapa negara, termasuk Indonesia. Salah satu barang yang mengalami pemboikotan adalah produk minuman kemasan Danone-Aqua.

Seruan boikot bermula ketika Presiden Prancis Emmanuel Macron mendukung seorang guru yang menampilkan karikatur Nabi Muhammad dan menyebutkan sebagai 'kebebasan berekspresi'. Bahkan, ia menilai agama Islam tengah mengalami krisis di seluruh dunia.

Hal ini pun menimbulkan kekecewaan umat Islam. Bahkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan boikot produk Prancis agar pemerintah Prancis segera meminta maaf.

"Memboikot semua produk yang berasal dari negara Prancis serta mendesak kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk melakukan tekanan dan peringatan keras kepada Pemerintah Prancis serta mengambil kebijakan untuk menarik sementara waktu Duta Besar Republik Indonesia di Paris hingga Presiden Emmanuel Macron mencabut ucapannya dan meminta maaf kepada Ummat Islam se-Dunia," tulis MUI dalam surat iimbauan yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Anwar Abbas dan Wakil Ketua Umum Muhyiddin Junaidi, tertanggal 30 Oktober 2020.

Lantas, Aqua produk mana sebenarnya?

Profil Perusahaan Aqua

Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tahun 1973 oleh Tirto Utomo dengan nama PT Golden Mississippi. Pabrik pertamanya berada di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Kemudian, di tahun 1974, perusahaan ini merilis produk pertamanya dalam bentuk kemasan botol kaca berukuran 950 ml. Perusahaan terus berkembang hingga mendirikan pabrik keduanya di Pandaan, Jawa Timur pada tahun 1984.

Di tahun 1998, PT Tirta Investama dan Danone melalui Danone Asia Holding Pte.Ltd menandatangani perjanjian untuk berkolaborasi membentuk grup Aqua. Pada tahun 2000 Aqua pun mulai mencantumkan 'Danone' di seluruh produknya.

Danone mulai membeli banyak saham milik PT Tirta Investama (sebelumnya tercatat sebagai PT Aqua Golden Mississippi) di Bursa Efek Indonesia. Saat ini, Danone pun menjadi pemegang saham mayoritas grup Aqua.

Sejak saat itu, Aqua terus mengembangkan bisnisnya. Adapun, produk-Danone Aqua yang dikeluarkan berupa Aqua gelas, Aqua Botol, Aqua galon, hingga Aqua Kids.

Sementara itu, Danone sendiri merupakan produsen makanan dan minuman yang berkantor pusat di Prancis. Adapun, empat produk utamanya adalah susu segar, nutrisi awal kehidupan, air, dan gizi medis.

Nah, sudah jelas bukan Aqua produk mana?

(pay/erd)