RI Genjot Produksi Kedelai demi Tekan Impor, Bisakah?

Abdy Febriady - detikFinance
Rabu, 04 Nov 2020 21:51 WIB
Kacang kedelai
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Polewali -

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar, didampingi Bupati Kabupaten Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar, melaksanakan panen kedelai. Kegiatan yang dihadiri sejumlah pejabat dan ratusan warga ini, berlangsung di Desa Bumiayu, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Rabu (04/11/2020).

Dalam sambutannya, Mentan menyebut pentingnya penyediaan kedelai, sebagai salah satu bahan pangan bergizi bagi masyarakat, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang.

"Untuk 273 juta penduduk Indonesia, kita harus produksi sebanyak banyaknya, dan kebutuhan kedelai itu 2 sampai 3 juta ton. Sekarang kita banyak dipenuhi oleh impor, sementara di luar sana juga takut kehilangan sumber daya-nya. Kita tanam kedelai dari sekarang, agar tahun depan kebutuhan kita tercukupi ", kata Syahrul.

Sebagai bentuk komitmen Kementan untuk meningkatkan produksi kedelai, dikembangkan bantuan budidaya kedelai di Polewali Mandar. Mentan berharap, jajaran di bawahnya aktif melakukan pendampingan produksi pertanian, dengan memberikan bibit kualitas terbaik.

" Ditjen Tanaman Pangan, ganti bibit di sini (untuk seluruh komoditas) 1.000 ha bibit ya, mau padi, jagung, kedelai, nanti Bupati yang bantu aturnya mau dikasih kemana bibit ini ", instruksi Mentan SYL kepada Direktur Akabi Ditjen Tanaman Pangan.

Sementara itu Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengungkapkan, panen perdana kedelai dengan luasan kurang lebih 500 hektar, memberi nilai tambah pendapatan petani kurang lebih 6,5 Miliar.

Melalui program 50 ribu hektar tanaman kedelai yang telah dicanangkan, diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan pendapatan bagi petani sebagai penerima manfaat, " Keberhasilan panen perdana kedelai seluas 500 hektar ini, menjadi motivasi yang sangat tinggi bagi kami, dalam mewujudkan program penanaman 50 ribu hektar kedelai ", kata Ali Baal.

Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2