Podcast detikFinance

Podcast Tolak Miskin: Harga Emas Tak Lagi Beringas, Rem atau Gas?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kamis, 05 Nov 2020 09:25 WIB
Podcast Tolak Miskin: Harga Emas Tak Lagi Beringas, Rem atau Gas?
Foto: Tim Infografis/Denny Putra
Jakarta -

Harga emas Antam perlahan mulai menunjukkan tanda penurunan. Kalau dilihat dari grafiknya, pergerakannya mulai menunjukkan gejala pelemahan sejak akhir September. Saat itu harga emas anjlok hingga Rp 15.000 dari level Rp 1,024 juta/gram ke Rp 1,009 juta/gram.

Setelah itu harga emas Antam sempat turun lagi dengan angka yang lebih besar, dari Rp 1,017 juta ke Rp 999 ribu/gram. Itu adalah pertama kalinya harga emas kembali menyentuh level di bawah Rp 1 juta/gram setelah sejak akhir Juli atau nyaris 3 bulan betah di level Rp 1 jutaan/gram.

Yang terkini, harga emas kembali menunjukkan pelemahan dengan tanda yang semakin kuat bahwa level psikologis Rp 1 juta/gram sudah kembali ditinggalkan. Harga emas jatuh ke bawah Rp 1 juta/gram nyaris seminggu.

Apakah ini jadi tanda bahwa harga emas mulai turun secara konsisten? Buat para pemegang emas, bagaimana langkah selanjutnya, apakah harus jual sekarang, beli, atau tahan saja?

Selengkapnya dibahas di podcast Tolak Miskin detikFinance terbaru minggu ini: Harga Emas Tak Lagi Beringas, Rem atau Gas?. Dengarkan lewat widget di bawah ini atau temukan kami di Spotify.

(eds/eds)