3 Sorotan Pulangnya Rizieq, dari Harga Tiket Sampai Disambut Ahok

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 05 Nov 2020 18:00 WIB
Ketua Majelis Tinggi Jakarta Bersyariah Habib Rizieq bersama Fachrurrozi Ishak, dan KH Abdul Rasyid Abdullah Syafii meluncurkan Konvensi Calon Gubernur Muslim Jakarta di Aula Buya Hamka Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Kamis (25/2/2016). Konvensi itu untuk menjaring calon di Pilkada 2017 mendatang.
Habib Rizieq/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Rencana kepulangan imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab ke Indonesia jadi sorotan. Dirinya sudah mengumumkan akan terbang dari Jeddah, Arab Saudi dengan pesawat Saudia pada pukul 19.30 waktu setempat tanggal 9 November, dan tiba di Jakarta 10 November.

Kemungkinan besar, jika Habib Rizieq bertolak ke Indonesia dari Jeddah maka dia terbang dari Bandara Internasional King Abdulaziz. Berikut sejumlah info seputar kepulangan Habib Rizieq:

1. Kisaran Harga Tiket

Berdasarkan penelusuran detikcom Rabu (4/11/2020) di salah satu agen perjalanan online (online travel agent/OTA), tiket penerbangan pesawat Saudia untuk kelas ekonomi pada pukul 19.30 dijual di harga Rp 6.621.300. Sementara itu untuk tiket kelas bisnis dan first class tidak ditemukan di agen penjualan tersebut.

Penerbangan dengan pesawat tersebut memakan waktu kurang lebih 9,5 jam. Pesawat akan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 9.00 WIB.

Namun seperti diketahui, harga tiket pesawat diatur dengan mekanisme tarif batas atas dan batas bawah pada rentang tertentu. Terkadang harganya bisa berbeda tergantung tanggal pemesanan.

2. Perkiraan Biaya Sewa Rumah

Habib Rizieq pulang ke Indonesia setelah menetap di Arab Saudi sejak April 2017. Bila ditotal, dia telah tinggal selama 3,5 tahun. Tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit untuk menetap di negeri orang dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dilansir salah satu penyedia basis data global Numbeo, Rabu (4/11/2020), biaya sewa tempat tinggal di Arab Saudi bervariasi. Sewa apartemen per bulan dengan 1 kamar tidur di pusat kota menelan biaya Rp 5.595.611. Sementara apartemen dengan 1 kamar tidur di luar pusat kota Rp 4.038.433.

Sementara itu, jika Habib Rizieq tinggal di Arab Saudi dengan menyewa tempat tinggal yang memiliki lebih dari 1 kamar tidur, biaya yang dibutuhkan lebih besar lagi. Nah, untuk sewa per bulan apartemen dengan 3 kamar tidur di pusat kota sebesar Rp 9.759.997. Sedangkan apartemen dengan 3 kamar tidur di luar pusat kota Rp 7.208.416.

Lalu berapa biaya sewa hunian Habib Rizieq selama tinggal di Arab Saudi? Tentu tergantung lokasi di mana dirinya menetap dan fasilitas hunian yang dipilihnya. Biaya di atas hanya sebagai gambaran saja.

3. Ahok Sambut Habib Rizieq

Rencana kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia pada Selasa (10/11) mendatang telah sampai ke telinga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dan Rizieq memiliki hubungan yang tak harmonis. Rizieq yang memimpin gelombang aksi anti-Ahok karena dianggap menghina Islam usai mengutip surat Al Maidah ayat 51 pada akhir 2016 lalu.

"Selamat tiba kembali di tanah air," kata Ahok yang kini berstatus Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) dikutip dari CNNIndonesia.com.

(toy/ara)