Joe Biden Menang Pilpres AS, Ini PR Besarnya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 08 Nov 2020 09:53 WIB
Democratic presidential candidate former Vice President Joe Biden speaks Friday, Nov. 6, 2020, in Wilmington, Del. (AP Photo/Carolyn Kaster)
Foto: AP Photo/Carolyn Kaster
Jakarta -

Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden memenangkan perhitungan suara dalam pemilihan presiden Amerika Serikat (AS). Biden mengalahkan petahana Donald Trump.

Mengutip Reuters, Minggu (8/11/2020), tidak seperti tahun 2008 ketika Barack Obama dan pasangannya Biden menang. Kala itu, ekonomi global tengah terpukul karena krisis subprime mortgage dan runtuhnya Lehman Brothers. Para ekonom dan analis menyatakan, kemerosotan ekonomi terburuk saat ini mungkin telah berlalu.

"Kami masih jatuh ke jurang yang dalam," kenang Donald Kohn, mantan Wakil Ketua Dewan Gubenur Federal Reserve.

Saat Obama dan Biden menjabat mulai pada 2009, pengangguran di AS masih meningkat, di mana tak mencapai puncaknya hingga 10 bulan pertama ketika tembus 10%.

Kondisi ekonomi AS saat ini kembali memburuk. Secara teknis dalam resesi dan 3,5% lebih rendah dari awal tahun 2020 bahkan setelah mencatat rekor pertumbuhan tinggi pada kuartal III. Jutaan orang Amerika terutama di sektor restoran, perjalanan dan hiburan tetap menganggur.

Meski begitu, sejak krisis mulai dan adanya adanya lockdown pada Maret untuk mencegah penyebaran virus, pemerintah federal telah memberikan stimulus triliunan dolar. Pengangguran telah turun tajam dari puncaknya pada April sebesar 14,7% menjadi 6,9%. Angka ini diproyeksinya terus turun sepanjang tahun depan tidak seperti yang terjadi pada 2009.

"Ekonomi masih lemah..isunya akan menyelesaikan pemulihan," kata Kohn.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Perpecahan Politik Usai Pilpres, Joe Biden: Kita Harus Akhiri Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Tag Terpopuler