Joe Biden Menang Pilpres AS, Berapa Harta Kekayaannya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 08 Nov 2020 11:15 WIB
Sejak perhitungan suara pemilihan Presiden dan Wapres AS 2020 dimulai, ada saja cerita uniknya. Salah satunya adalah klaim kemenangan.
Foto: AP Photo/Carolyn Kaster
Jakarta -

Joe Biden selangkah lagi menjadi presiden Amerika Serikat (AS). Ia memenangkan perhitungan suara dalam pemilihan presiden (Pilpres) AS melawan Donald Trump. Berapa harta kekayaannya?

Seperti dikutip dari Forbes, Minggu (8/11/2020), kekayaan Biden dan istrinya Jill diperkirakan US$ 9 juta atau setara Rp 128, 25 miliar (asumsi kurs Rp 14.250). Kekayaan tersebut termasuk dua rumah Delaware senilai US$ 4 juta, uang tunai dan investasi US$ 4 juta atau lebih, dan pensiun federal senilai lebih dari US$ 1 juta.

Ayah Biden, Joe Sr dibesarkan dalam kehidupan yang istimewa berkat ayahnya Joseph yang berkarir di American Oil. Namun, ayah Biden gagal dalam bisnisnya yang mencakup real estat di Boston dan usaha membersihkan tanaman yang membuat keluarganya bangkrut menurut memoar Joe Biden tahun 2007.

Keluarganya pindah ke sebuah apartemen di Wilmington, Delaware, ketika Joe Biden berusia 10 tahun. Ayahnya akhirnya mendapatkan pekerjaan menjual mobil.

Joe Biden kemudian menyelesaikan sekolahnya di sekolah menengah swasta terdekat. Ia menyelesaikan program studi-kerja untuk menutupi biaya sekolah US$ 300 per tahun.

Selanjutnya, Biden mendapatkan gelar sarjana dari Universitas Delaware diikuti dengan gelar sarjana hukum dari Universitas Syracuse. Setelah tahun pertama sekolah hukum ia menikah, dan ketika lulus pada tahun 1968 kembali ke Wilmington bersama istrinya Neilia.

Pasangan itu dengan cepat mengumpulkan dana untuk membeli tiga properti sewaan di daerah itu, dengan bantuan dari kedua pasangan orang tua. Biden bekerja sebagai pengacara di sebuah perusahaan lokal.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Donald Trump Enggan Mengaku Kalah, Biden: Itu Memalukan"
[Gambas:Video 20detik]

Tag Terpopuler