ADVERTISEMENT

d'Mentor Pak Win: Berbisnis Bareng Teman, Beware!

dtv - detikFinance
Selasa, 10 Nov 2020 11:43 WIB
thumbnail dmentor bisnis dengan teman
Foto: 20Detik
Jakarta -

Dalam merintis suatu usaha, terkadang kita dihadapkan atas pilihan untuk berpartner atau menjalaninya sendiri. Dalam berpartner, ada yang lebih memilih untuk bekerjasama dengan orang yang telah lama dikenal daripada memulai kerjasama dengan orang yang baru dikenal.

Asumsi yang muncul adalah jika berpartner bersama teman akan terasa lebih mudah dan menyenangkan karena telah mengenal satu sama lain. Teman dianggap lebih nyaman untuk berbagi pekerjaan hingga bertukar pikiran. Meski demikian, berbisnis tentu berbeda dengan pertemanan karena melibatkan uang.

Ada kalanya pertikaian muncul ketika timbul permasalahan seperti salah mengambil keputusan, atau harus menombok terlebih dulu. Masalah juga muncul ketika salah satu pihak mengklaim telah bekerja lebih banyak, lebih teliti dan lain sebagainya. Alih-alih bisa memupuk nilai-nilai pertemanan dalam mencari cuan, suatu kesalahan dalam memilih partner justru bisa menimbulkan konflik dan merusak pertemanan.

Lalu apa saja yang mesti dipersiapkan dalam berpartner bersama teman dekat? Bagaimana tips dalam memilih partner bisnis yang tepat?

d'Mentor kali ini mengajak detikers untuk berdiskusi bersama Tjokro Wimantara atau akrab disapa Pak Win pemilik akun Tik Tok Asah Pola Pikir dengan Tagline Hah Kok Gitu Sih yang sudah memiliki lebih dari 700 ribu followers per November 2020. Pak Win siap untuk berbagi cerita soal untung rugi merintis usaha secara berpartner bersama teman.

Nah bagi detikers yang ingin mendapat wawasan dalam membuka bisnis bersama teman, jangan lewatkan livestreaming bersama Pak Win dalam D'Mentor "Berbisnis Bersama Teman" hari Selasa (10/11/2020) pukul 16:30 WIB hanya di detikcom. Bagi detikers yang ingin berkonsultasi langsung kepada Pak Win juga bisa dilakukan melalui aplikasi Zoom selama acara berlangsung.

(gah/gah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT